DAK Pendidikan Lampung Utara 2015 Rp 24,9‎ Miliar

Nyokabar | Senin, 28 September 2015 | Dibaca: 2345 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara. Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tahun 2015, mencapai kisaran Rp 24,900 miliar.

Besaran dana tersebut rencananya akan diperuntukkan bagi 76 sekolah di Lampura, dengan rincian 29 SD, 20 SMP, 15 SMA, dan 12 SMK. Demikian diungkapkan Kabid Perencanaan Dinas Pendidikan Lampura, Gunaido.

Ia menerangkan dari seluruh anggaran yang diterima, pengalokasiananya lebih banyak dilakukan di fisik ketimbang pengadaan. Dimana, untuk pengadaan hanya dilakukan di SMP, yakni pengadaan paket pelengkap IPA dan kesenian.

Sementara itu, sebelum terlaksana, pihaknya telah melakukan sosialisasi serta bimtek, lanjut Gunaido, merupakan salah satu tahapan sebelum dilaksanakannya kegiatan penggunaan dana tersebut, yang bertujuan agar pihak sekolah selaku penerima bantuan, mengerti dan memahami tatacara penuyusunan laporan, capaian hasil kerja, hingga proses pencairan dana tersebut.

"Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya oknum-oknum yang berusaha mencari-cari kesalahan,"ujarnya, seperti dilansir tribunlampung.com

Lebih jauh diterangka, jika pendidikan merupakan bagian dari sektor yang harus menjadi prioritas dalam peningkatan aksesibilitas masyarakat. Untuk itu, fasilitas dasar pendidikan mampu meningkatkan derajat pendidikan.

Dan peningkatan aksesibilitas dan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas, yang salah satunya adalah bersumber dari DAK di bidang pendidikan.

Dan pelaksanaan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menunjang penuntasan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun yang bermutu."Dan juga sebagai perwujudannya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam kegiatan pendidikan," katanya []

Komentar via Facebook