Hadir Di Lampura, Pattimura, Sosilaisasikan Perda Tentang Perlindungan Anak

User 7 | Selasa, 25 Februari 2020 | Dibaca: 167 | Lampung Utara

Hadir Di Lampura, Pattimura, Sosilaisasikan Perda Tentang Perlindungan Anak

Ket. Foto : Anggota DPRD Provinsi Lampung, H. Pattimura, SE Saat Memberikan Pemaparan Tentang Perda Perlindungan Anak

Nyokabar Lamung Utara – Anak merupakan tulang punggung bagi orang tua untuk kelangsungan hidup kedepan. Memberikan perlindungan bagi anak-anak selain kedua orang tua adalah tugas pemerintah daerah yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 13 tahun 2017 tentang perlindungan anak.

Demikian yang diutarakan oleh Anggota DPRD Provinsi Lampung, H. Pattimura, SE saat menggelar sosialisasi peraturan daerah (Perda) Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Provinsi Lampung di daerah pemilihan (Dapil) V Lampung Utara dan Way Kanan yang laksanakan di Lebung Curup Kelurahan Rejosari Kabupaten Lampura. Selasa (25/2/2020).

Disamping itu juga, menurut politisi Partai Gerindra ini, anak adalah tunas, potensi dan generasi penerus bangsa yang nantinya diharapkan menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria dan berbudi pekerti tinggi.

“ Dan anak juga memiliki hak asasi yang juga dilindungi oleh undang-undang,” kata Pattimura saat dikonfirmasi usai melaksanakan sosialisasi.

Dikatakannya, bahwa anak masih memiliki berbagai keterbatasan, maka dipandang perlu seorang anak mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta diberi kesempatan untuk berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Lebih lanjut Pattimura mengatakan, Pemerintah provinsi Lampung bertanggung jawab dalam penyelenggraan perlindungan dan pemenuhan hak anak serta memberikan perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.

“ Untuk itu dalam mengatasi permasalahan masalah anak maka perlu dibentuk peraturan tentang perlindungan anak dan memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang arah landasan dan kepastian hukum pengaturan tentang perlindungan anak,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi Perda perlindungan anak ini, terang dia, diharapkan agar seluruh masyarakat mengetahui bahwa pemerintah provinsi Lampung telah mensosialisasikan perda perlindungan anak sehingga nantinya jika terjadi kekerasan terhadap anak masyarakat mengetahui peraturan mana yang telah dilanggar.

“ Artinya ini sudah ada payung hukumnya, dan mungkin selama ini belum pernah disosialisasikan secara baik oleh pemerintah,” tambahnya.

Pattimura berharap, setiap peraturan daerah yang dibuat oleh eksekutif dan legislatif yang sudah selayaknya diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu setiap perda yang sudah dibuat sangat penting untuk disosialisasikan.

“ Jadi jangan sampai masyarakat tidak tahu adanya perda ini. Kepada seluruh orang tua khusunya yang berada di wilayah Lampung agar mengetahui bahwa orang tua merupakan benteng yang paling utama untuk memberikan perlindungan dan menjaga anak-anaknya dari tindak kejahatan terhadap anak,” pungkasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin    

Komentar via Facebook