Puluhan Napi Rutan Dan Lapas Kotabumi “Kabur“ Dari Tahanan

User 7 | Jumat, 14 Februari 2020 | Dibaca: 1160 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Puluhan narapidana (Napi) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB dan napi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi, Jumat (14/2/2020) berhasil kabur dari tahanan.

Namun untuk diketahui, Kaburnya puluhan warga binaan ini bukanlah peristiwa yang sebenarnya. Kaburnya puluhan warga binaan yang berasal dari Rutan dan Lapas Kotabumi adalah dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kantor PWI setempat.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kotabumi, Endang Lintang Hardiman saat dikonfirmasi mengatakan, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) yang terdiri dari Lapas, Rutan, Rupbasan, Imigrasi dan Bapas menggrebek kantor PWI dalam rangka memperingati HPN tahun 2020.

Dikatakannya, bahwa dalam memperingati HPN kali ini, pihaknya memberikan surprise kepada PWI Lampura yakni berupa satu set komputer beserta printer dari Rutan dan Lapas sendiri melakukan bhakti pengecatan gedung PWI Lampura.

“ Gerebekan ini dalam rangka bhakti kita, yakni bhakti Merah Putih, yang sebelumnya kegiatan ini telah dicanangkan ibu Dirjen kita yakni Bhakti Merah Putih, ” kata Kalapas, Endang Lintang Hardiman.

Dijelaskannya, Bhakti merah putih ini adalah terdiri dari warga binaan baik Rutan daan Lapas dilibatkan bukan hanya untuk membantu instansi-instansi pemerintah saja, namun bhakti ini dilakukan untuk membantu siapa saja yang membutuhkannya.

“ Nah momen peringatan HPN ini kesempatan kita untuk berkontribusi kepada sahabat-sahabat kita khusunya insan pers,” jelasnya.

Menurut orang nomor satu di Lapas ini, Pers selama ini telah banyak membantu pihaknya dalam hal mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Lapas, Rutan, dan sebagainya. \

“ Nah dalam kesempatan kami telah sepakat, Ayo kita keroyok PWI, dari Rutan memberikan bantuan komputer, dari Imigrasi, Lapas, Rupbasan dan Lapas kita membantu cat kantor PWI ini, dan inilah yang kami bisa berikan kepada PWI,” ujarnya.

Yang paling terpenting adalah, dalam kegiatan bhakti merah putih ini, terang dia, warga binaan baik dari Rutan dan Lapas dapat diberdayakan.

“ Jumlah warga binaan yang dilibatkan dalam kegiatan ini kurang lebih sebanyak 25 orang, “ terangnya.

Sementara itu, Kepala Pengamanan Rutan (KPR), Ade Chandra mewakili Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Denial Arif mengatakan, bahwa kegiatan ini sebelumnya telah disepakati oleh Kemenkumham Lampura dalam rangka memperingati HPN tahun 2020 ini pihaknya memberikan kejutan kepada PWI Lampura.

“ Kegiatan ini adalah bentuk ucapan terimakasih kami kepada rekan-rekan pers yang selam ini telah menjadi bagian dari kami, “ ucap Ade singkat.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampura, Sany Lumi, saat dikonfirmasi mengatakan, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh instansi vertical yang telah bersinergi kepada seluruh stakeholder yang ada di kabupaten Lampung Utara.

Dalam kesempatan itu, Sany berharap kepada seluruh insane pers yang ada di Lampung Utara untuk bersama-sama menjadi garda terdepan dalam menyajikan informasi dalam rangka peningkatan pembangunan di kabupaten Lampung Utara yang jauh lebih baik lagi.

“ Bersinergi itu penting, informasi juga penting, kepada seluruh insane pers di Lampura mari kita bersama-sama membangun Lampura lebih baik lagi untuk kedepan,” ajaknya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Kabupaten Lampung Utara, Jimi Irawan, mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh seluruh jajaran Kemenkumham Lampura kepada PWI Lampura.

Jimi berharap, kedepannya jalina silaturahmi maupun sinergisitas antara PWI dan jajaran Kemenkumham dapat ditingkatkan lagi demi kemajuan dearah Kabupaten Lampung Utara.

“ Sekali lagi, Saya mewakili rekan-rekan PWI mengucapkan ribuat terimakasih atas perhatian yang telah diberikan, dan semoga hubungan baik ini selalu tetap kita jaga,” pungkasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin  

Komentar via Facebook