Jajaran Kemenkumham Lampura Gelar Silaturahmi Dengan PWI

User 7 | Kamis, 13 Februari 2020 | Dibaca: 115 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan menjaga hubungan kerjasama yang baik, jajaran Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar silaturahmi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang dipusatkan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotabumi. Kamis (13/2/2020).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampura, Jimi Irawan didampingi beberapa anggota dan pengurus, Ketua SMSI Lampura, Ardianyah. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kalapas Kelas IIA Kotabumi, Endang Lintang Hardiman, Kepala Balai Pemasyarakatan Lampura, Welly, Kepala Imigrasi, Amrul dan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Denial Arif mengatakan bahwa dengan kehadiran pers ini bisa membawa edukasi kepada masyarakat. Dimana masyarakat dengan pers masyarakat bisa cerdas dan mengetahui isi berita dan isi dunia, bagaimana didalam pengemasan Ideologi, Politik, Sosial dan Budaya.

Dengan digelarnya silaturahmi antara insan pers dan jajaran Kemenkumham Kabupaten lampung Utara ini, Denial berharap dapat meningkatkan hubungan kerjasama yang lebih baik lagi.

“ Dengan adanya pers khusunya diharapkan dapat membangun dan membawa Kabupaten Lampura kearah yang lebih baik lagi,” kata Denial Arif.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Imigrasi Kabupaten Lampura, Amrul, mengaku bahwa keberadaan dirinya di Kabupaten Lampura adalah bukan orang baru.

Dikatakan Amrul, bahwa jajaran Kemenkumhan khusunya Imigrasi membutuhkan peran serta wartawan untuk mensiarkan seluruh kegiatan yang digelar oleh jajaran Kemenkumham.  

“ Jika terjadi kekhilafan kami dalam menjalankan tugas, tolong tegur dan luruskan, Kami juga mengajak untuk bersama-sama membangun dan mengawasi kantor imigrasi dalam proses pembuatan paspor serta pengawasan terhadap orang asing," ujar Amrul.

Ditempat yang sama, Kepala Bapas Lampura, Welly memeberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insane pers khusunya kepada PWI Lampung Utara.

Dikatakan Welly, kegiatan silaturahmi ini menjadi suatu kebanggaan bagi pihaknya dimana selain berkumpul kegiatan ini juga dapat meningkatkan dan mempererat hubungan silaturahmi antara wartawan dan jajaran Kemenkumhan.

“ Kebetulan saya baru dilantik bersamaan dengan Kalapas Kelas IIA, Dimana sebelumnya saya pernah bertugas di Rutan Way Huwi sebagai Kasi Pelayanan tahanan," terang Welly.

Sementara itu, Kepala Rupbasan Kotabumi, Auda menerangkan, Rupbasan merupakan tempat benda yang disita oleh Negara untuk keperluan proses peradilan. Di dalam Rupbasan ditempatkan benda yang harus disimpan untuk keperluan barang bukti dalam pemeriksaan dalam tingkat penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di sidang pengadilan termasuk barang yang dinyatakan dirampas berdasarkan putusan hakim.

Dijelaskannya, Penggunaan benda sitaan bagi keperluan penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di pengadilan, harus ada surat permintaan dari pejabat yang bertanggungjawab secara juridis atas benda sitaan tersebut. Pengeluaran barang rampasan untuk melaksanakan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dilakukan atas permintaan jaksa secara tertulis. Pemusnahan barang rampasan dilakukan oleh jaksa, dan disaksikan oleh Kepala Rupbasan.

Dalam kesempatan itu, Auda mengajak seluruh insan pers khusunya PWI untuk dapat bertandang ke kantor Rupbasan agar meingkatkan hubungan silaturahmi dan dapat meningkatkan hubungan kerjasama yag baik.

" Kami mengharapkan kepada media agar dapat meluangkan waktunya untuk main ke kantor, Walaupun bentuk kantornya begitu tapi hati pegawainya baik-baik semua,” tukas Auda.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook