Hari Amal Bhakti ke 74 Kemenag, Ini Pesan Bupati Lamteng

Nyokabar | Sabtu, 04 Januari 2020 | Dibaca: 286 | Lampung Tengah

Nyokabar.com, Lampung Tengah - Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjadi inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Kantor Kementerian Agama kabupaten setempat, Jumat (03/01/2020).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, Hari Amal Bhakti Kementerian Agama merupakan cerminan Bangsa agar selalu memelihara kerukunan antar umat beragama.

“Sesuai dengan isi Undang-Undang Dasar 1945 yang menjamin kebebasan beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing, karenanya kerukunan antar umat beragama harus dirawat dengan baik,” jelas Bupati.

Pada kegiatan dengan tema Umat Rukun, Indonesia Maju tersebut, Bupati juga mengingatkan tentang dinamika yang mungkin terjadi pada kehidupan kerukunan umat beragama.

“Setiap kebijakan yang dibuat pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah keagamaan. Oleh karenanya, penguatan identitas keagamaan dan identitas kebangsaan, harus satu kotak dengan keagamaan, untuk melahirkan modernisasi yang teritegrasi. Sebab jika tidak diimbangi dengan spirit keagamaan, bangsa ini akan mudah disusupi ajaran radikalisme,” tegasnya.

Dilanjutkan Loekman, sesuai dengan tema itu, dirinya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di kabupaten setempat agar menjadi agen perubahan untuk memupuk kerukunan antar umat beragama di tengah masyarakat.

“Seperti termaktub dalam bait lagu kebangsaan Indonesia Raya, Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya, untuk Indonesia Raya. Pembangunan jiwa disebut lebih dulu ketimbang pembangunan raga atau fisik. Tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Karena itulah, Kementerian Agama memiliki peran strategis dalam aspek agama dan pendidikan,” tandasnya.*

Komentar via Facebook