DPRD Lampura Gelar Pelantikan, 1 Dari 45 Anggota Dewan Tidak Ikut Dilantik

User 7 | Senin, 19 Agustus 2019 | Dibaca: 272 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kabupaten Lampung Utara periode 2019-2024 hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 dilantik melalui rapat paripurna istimewa. Senin (19/8/2019).

Namun dari 45 anggota dewan yang dilantik, hanya 44 anggota dewan yang dilantik, terdapat 1 anggota DPRD terpilih yang ditunda pelantikanya.

Satu anggota DPRD yang ditunda tersebut yakni, Sandi Juwita anggota dewan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dia tak bisa mengikuti pelantikan karena sedang menjalankan proses pemeriksaan majelis mahkamah partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

“ Pelantikannya akan dilakukan setelah permasalahan dalam internal partai selesai, Pelantikan Sandi Juwita akan diagendakan sendiri," ujar Sekretaris Dewan Adri. Senin (19/9/2019).

Dikatakan, pelantikan anggota DPRD Lampung Utara terpilih berdasarkan keputusan Gubernur Lampung tahun 2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Lampung Utara.

Sementara itu, Hj. Sandi Juwita saat dikonfirmasi via pesan Whatsaap, dirinya membenarkan jika dirinya belum ikut dilantik. Hal itu dikarenakan, namanya tidak ada dalam SK Gubernur.

“ Hasil dari SK Gubernur, yang saya ketahui nama saya tidak ada, saya tahu pada hari Jumat 16 Agustus 2019 kemarin, makanya saya tidak ikut pelantikan," katanya.

Dijelaskannya, bahwa di dalam surat keputusan tersebut dirinya sedang dalam proses majelis mahkamah partai. Kendati demikian, Sandy Juwita menegaskan bahwa dirinya tidak pernah dipanggil ataupun ada permasalahan. Hal itu dibuktikan langsung dengan dirinya pernah menghadap mahkamah partai di DPP Partai Gerindra.

" Saya langsung ke DPP di Ragunan, dan wawancara langsung dengan  mahkamah partai, mahkamah partai tidak pernah memproses kader partai gerindra pada saat ini kalaupun ada nanti dilakukan setelah pelantikan," tegasnya.

Tidak hanya itu, dirnyapun sudah mendapatkan surat tembusan dari Badan Pengawas (Banwas) DPP Partai Gerindra, dimana didalam surat tersebut diterangkan bahwa bahwa dirinya tidak ada masalah apapun.

" Saya telah mendapatkan surat tembusan dari Badan Pengawas DPP Gerindra, mereka saat ini telah turun ke Lampung untuk mengklarifikasi bahwa saya tidak pernah bermasalah," jelasnya

Terkait tidak di ikut sertakan dirinya didalam pelantikan anggota DPRD tadi, hal ini menjadi tanda tanya besar bagi dirinya. Apakah KPU Lampung Utara melakukan pelantikan ini sesuai dengan mekanisme,

“ Saya akan serahkan semuanya kepada DPP Partai Gerindra dipusat, Saya yakin mereka (DPP) gerinda bisa menyelesaikan masalah ini karna ini internal partai, terkait dengan mekanisme silahkan ditanya ke KPU, Gubernur dan Sekda yang mengeluarkan SK tersebut," pungkasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook