138 Siswa-siswi SD Mengikuti Seleksi Pocil Di Polres Lampung Utara

User 7 | Jumat, 19 Juli 2019 | Dibaca: 82 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Sebanyak 138 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) mengikuti seleksi Polisi Cilik (Pocil) Gelombang V yang diselenggarakan oleh Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Lampung Utara (Lampura) di Aula Gedung Serba Guna (GSG) Mapolres setempat. Jumat (19/7/2019).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono dan dihadiri oleh Kasat Lantas Polres Lampura, AKP M. Yani Endang Kasi Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Lampung Utara, Dian Ratna.

Kasat Lantas Lampung Utara, AKP M. Yani Endang saat di konfirmasi mengatakan, Peserta pocil ini diikuti oleh 22 sekolah dasar yang berada di wilayah kecamatan Kotabumi dan Kotabumi Selatan.

“ Seleksi ini akan dilaksanakan selama dua hari, Jumat sampai Sabtu besok,” kata M. Yani.

Dijelaskannya, seleksi pertama ini dimulai dari melaksanakan pengukuran berat dan tinggi badan siswa-siswi dan pemeriksaan kerapian serta sikap siap para peserta calon polisi cilik Polres Lampung Utara.

Seleksi ini dilakukan, terang Yani, dalam rangka persiapan mengikuti perlombaan Pocil se – Provinsi Lampung yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Polantas yang diselenggrakan di Polda Lampung.

“ Seleksi tahap pertama ini akan diambil peserta dari masing-masing SD sebanyak 6 orang (3 putra dan putri). Pada pelaksanan seleksi berikutnya yakni penentuan akan diambil 40 anggota pocil yang terdiri dari 20 putra dan 20 putri,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Lampung Utara, AKBP Budima Sulaksono, menyambut baik serta memberikan apresiasi atas dilaksanakannya seleksi polisi cilik di Polres Lampung Utara ini.

Menurutnya, dengan digelarnya seleksi ini selain mempererat tali silaturahmi sesame pelajar sekolah dasar seleksi ini juga untuk menambah pengetahuan dan pengalaman agar seluruh peserta dapat belajar disiplin dan lebih beretika terhadap guru, orang tua dan dalam pergaulan sehari-hari.

“ Disamping upaya menciptakan rasa kebersamaan dan semangat belajar, seleksi pocil ini menanamkan mental dan dapat menjadi contoh baik dilingkungan sekolah dan dirumah, seperti rasa disiplin, tanggung jawab serta taat pada aturan,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan dengan dilaksankannya seleksi pocil ini merupakan upaya Polres Lampung Utara dalam membentuk karakter yang sehat dan untuk menumbuhkan rasa kedisiplinan sejak dini kepada anak-anak sebagai generasi muda penerus bangsa.

“ Menumbukan karakter disiplin sejak dini dalam diri anak-anak memang tidak mudah, peran orang tua dan guru sangatlah penting, melalui seleksi ini pocil in diharapkan anak-anak lebih semangat, humanis dan memiliki kepribadian menjadi pemimpin apabila nanti telah dibina dan dilatih menjadi pocil Polres Lampura,” terangnya.

Oleh sebab itu, Kapolres Lampung Utara akan melakukan evaluasi terhadap tim panitia seleksi Pocil Polres Lampung Utara agar bisa menutupi kekurangan – kekurangan yang ada sehingga nantinya akan tampil dan kembali meraih prestasi yang terbaik pada tahun 2019 ini.

“ Kepada seluruh tim seleksi bekerjalah secara profesional dengan tidak ada unsure kolusi dan intervensi dari siapapun, agar pelaksanaan seleksio pocil ini dapat sesuai dengan harapan dan menciptakan pocil Polres Lamura yang mampu dalam sikap mental serta fisik sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Lampung Utara,” pungkasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook