Program BPNT Mulai Disosialisasikan

User 7 | Rabu, 17 Juli 2019 | Dibaca: 155 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mulai mensosialisasikan pogram Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sosialisasi ini dilakukan di Kantor Kelurahan Kuto Alam Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten setempat. Rabu (17/7/2019).

Lurah Kuto Alam, Fellix Sulandana menerangkan, bahwa program ini merupakan program peralihan dari sebelumnya yakni, Program Rastra (Beras Sejahtera) yang diperuntukan bagi keluarga kurang mampu menjadi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang saat ini sudah di sosialisasikan kepada masyarakat.

“ Hari ini (Rabu 17 Juni 2019) program BPNT telah disosialisasikan kepada masyatakat kelurahan Kuto Alam khususnya kepada Keluarga Penerima Manfaat oleh anggota Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), ” terang Fellik diruang kerjanya. Rabu (17/7/2019).

Dikatakanya, Penerima bantuan ini akan diberi kuota sebesar Rp.110 ribu per Kepala Keluarga (KK) yang akan di Top up setiap bulannya di tempat yang telah di sediakan di e-warung, dan nantinya akan dikoordinir oleh Operator Kel/Desa masing-masing.

" Data KPM BPNT ini sudah ditentukan dari Kementerian Sosial, sehingga kita hanya memperbarui data jika ada warga yang meninggal, migrasi atau ada data ganda. Untuk KPM BPNT yang ada di Kelurahan Kuto Alam yang tercatat saat ini sebanyak, 397 KPM, dan yang telah terudate saat ini sebanyak 135," jelasnya.

Sementara itu, usai mensosialisasikan BPNT, Erlani selaku anggota TKSK menjelaskan, bahwa program BPNT merupakan transformasi dari program raskin yang juga diperuntukan bagi keluarga miskin.

“ Bedanya, bantuan yang diberikan dalam program BPNT berbentuk beras, dan telur. Warga juga akan diberi sebuah kartu dan untuk mendapat bahan kebutuhan pokok ini,"kata Erlani.

Program BPNT ini menggunakan sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS N G). Dimana untuk mendapatkan bantuan ini, Warga hanya menunjukkan kartu ke Rumah Pangan Kita (RPK) atau e-Warung yang telah ditentukan dan disebar di setiap kelurahan.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook