FPI Lampung Salurkan Bantuan Korban Banjir di Tanggamus

Admin | Selasa, 13 November 2018 | Dibaca: 182 | Lampung Tengah

Nyokabar.com, Lampung Tengah - Guna meringankan beban penderitaan para korban bencana banjir dan longsor, yang terjadi di Pekon Umbaran, Kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus, Kamis (8/11/2018) lalu, tim relawan dari Front Pembela Islam (FPI) Lampung, menyalurkan bantuan logistik.
 
Dikatakan salah satu pengurus FPI Lamteng, Albet Juanda, hingga hari kelima pasca bencana, Senin (12/11/2018), tim relawan dari FPI Lampung, yang terdiri dari pengurus dan anggota FPI kabupaten/kota, bersama tim relawan dari organisasi lain dan aparat Kepolisian serta TNI, masih berada di lokasi bencana.
 
"Ya, saat ini yang dibutuhkan oleh para korban, seperti sembako, pakaian, air bersih, dan keperluan sehari-hari lainnya. Kita berharap, ada kepedulian dari para dermawan, untuk dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita disana," harapnya.
 
Ditambahkannya, akibat bencana tersebut, ada satu kampung, Pekon Umbaran sangat parah, hingga menjadi daerah terisolir dan sulit dijangkau, karena jembatannya hilang tersapu oleh banjir. Satu-satunya akses untuk menuju lokasi tersebut, yaitu dengan menyeberangi sungai menggunakan perahu kecil.
 
Pada Pekon Umbaran tersebut, sedikitnya 30 rumah hilang tersapu air bah, dan sekitar 80 rumah lainnya mengalami rusak parah, dan menelan satu korban nyawa. Selain itu, hampir seluruh fasilitas umum juga mengalami rusak berat, seperti listrik, jalan, jembatan, bangunan sekolah dan lainnya.
 
"Untuk sementara, para korban yang rumahnya hilang tersapu banjir, dan yang rumahnya rusak berat, mereka tinggal di tenda-tenda pengungsian, yang di dirikan oleh tim tanggap darurat bencana," jelas Albet.
 
Rencananya, tim relawan dari FPI akan kembali menuju ke lokasi bencana, pada Selasa (13/11/2018) pagi, dengan membawa beberapa logistik tambahan, seperti beras, air mineral, pakaian layak pakai, obat-obatan dan keperluan lainnya.
 
Sementara, para pengurus dan anggota FPI, yang tidak terjun ke lokasi bencana, rencananya akan melakukan penggalangan dana, untuk membantu meringankan beban para korban bencana, yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan.*

Komentar via Facebook