Mengganggu Keindahan Kota, Satpol-PP Lampura, Tertibkan Baliho di Pohon dan Tiang Listrik

User 7 | Rabu, 07 November 2018 | Dibaca: 89 | Lampung Utara

 

Nyokabar Lampung Utara - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Lampung Utara(Lampura) melakukan penertiban baliho-baliho yang di pasang di Pohon dan Tiang Listrik di Sepanjang Jalan Soekarno Hatta Kotabumi. Rabu (11/7/2018)

Kepala Bidang (Kabid) Penegak Perda, Nizar Agung mengatakan bahwa penertiban baliho ini dilakukan dalam rangka menjaga keindahan kota. Selain itu langkah yang dilakukan ini juga berdasarkan Perda Nomor 08/2009 tentang Keindahan Kota.

Oleh sebeb itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh perushaan dan partai politik, bahwa sesuai dengan hasil kesepakatan rapat beberapa waktu lalu bersama KPU dan Bawaslu agar memasang gambar calon di zona yang telah ditentukan.  

Berdasarkan pantauan, penertiban baliho yang yang ditertibkan yakni baliho ditancapkan di pohon dan tiang-tiang listrik yang ada di Jalan Soekarno Hatta. Baliho yang ditertibkan yakni baliho gambar-gambar umum seperti gambar promosi dari ramayana dan lainnya. Namun ada satu baliho dari salah satu partai politik dan diminta pihak yang bersangkutan yang menertibkannya sendiri.

" Pemilik baliho partai sudah kita surati, kita minta untuk tertibkan sendiri balihonya. Ada juga spanduk promosi dari beberapa perusahaan," kata Kabid Penegak Perda, Nizar Agung.

Dikatakan Nizar,  sebelumnya pihaknya memberikan himbauan tentang larangan untuk memasang baliho di pohon, namun hal tersebut masih saja dilakukan. Penertiban ini lanjut dioa, baru pertama dilakukan mulai dari Jalan Soekarno Hatta hingga Stadion. Dan dihari berikutnya Satpol-PP akan kembali melakukan penertiban di Sepanjang Jalan Jendral Sudirman hingga Jembatan Kali Brantas.

" Untuk perusahaan yang memasang Baliho promosi itu sudah berulang kali kita surati, tapi masih saja membangkang. Jika masih begitu terus akan kita tertibkan dan kita sita,"himbaunya.

Selain itu, Nizar juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, jika ingin memasang iklan promosi dan lainnya itu harus menggunakan tiang sendiri, jangan menggunakan pohon dan tiang listrik.

" Kalau dipasang di pohon itu kan bisa merusak pohon. Pohon bisa mati karena dipaku dan bahkan bisa tidak berkembang. Untuk itu mari kita jaga sama-sama keindahan kota ini, dengan mematuhi perda yang ada," tukasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

 

Komentar via Facebook