Edward Antony Wabup : Puskesmas Merupakan Garda Depan Dalam Menyelenggarakan Upaya Kesehatan Dasar.

User 8 | Kamis, 18 Oktober 2018 | Dibaca: 70 | Way Kanan

Edward Antony Wabup : Puskesmas Merupakan Garda Depan Dalam Menyelenggarakan Upaya Kesehatan Dasar.

Wakil Bupati Way Kanan, Edward Antony saat Survei Akreditasi Puskesmas Negeri Agung Tahun 2018, UPT Puskesmas Negeri Agung, Kamis (18/10).

Nyokabar Way Kanan - Puskesmas merupakan garda depan dalam menyelenggarakan upaya kesehatan dasar. 

Hal tersebut dikatakan, Wakil Bupati Way Kanan, Edward Antony
saat Survei Akreditasi Puskesmas Negeri Agung Tahun 2018,
UPT Puskesmas Negeri Agung, Kamis (18/10).

"Tujuan diselenggarakannya pembangunanan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal," katanya.

Edward Antony juga mengatakan, keberhasilan pembangunan kesehatan akan sangat mendukung peningkatan mutu dan daya saing Sumberdaya Manusia Indonesia.

" Agar tercapai tujuan pembangunan kesehatan Nasional, diselenggarakan berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 menjadi landasan hukum dalam penyelenggaraan Puskesmas, yang merupakan unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya," kata dia.

Edward Antony menjelaskan, agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal diperlukan adanya pengelolaan organisasi Puskesmas secara baik yang meliputi kinerja pelayanan, proses pelayanan, serta sumber daya yang digunakan.

"Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen resiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskesmas, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal (lembaga independent dan atau lembaga yang dibentuk oleh Kemenenterian Kesehatan yang diberikan wewenang oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi," jelasnya.

Edward Antony juga menjelaskan hal ini perlu dilakukan dalam rangka upaya peningkatan mutu, manajemen resiko dan keselematan pasien di Puskesmas serta menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang aman dan bermut. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka upaya peningkatan mutu, manajemen resiko dan keselematan pasien di Puskesmas serta menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu.

"Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen resiko," jelas dia.(Jomi/Milyar)

Komentar via Facebook