Jimmy Irawan Himbau Agar Wartawan Yang Tergabung Di PWI Ikuti UKW

User 7 | Senin, 15 Oktober 2018 | Dibaca: 96 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Jimmy Irawan, mengimbau agar seluruh wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Lampura untuk mengikuti uji kompetensi wartawan tersebut.

“ Saya mengimbau agar wartawan yang tergabung dalam PWI Lampura wajib mengikuti UKW XVIII. Hal ini untuk mewujudkan jati diri pers yang bermartabat,” ujar Jimmy.

Dikatakan Jimy, dengan mengantongi sertifikasi kompetensi akan membuktikan bahwa wartawan di Lampura memiliki kemampuan jurnalistik yang baik dan memahami hal-hal paling mendasar dalam menunaikan tugas kewartawanannya. 

Sementara itu, ajang penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVIII sipastikan akan diselenggrakan pada 5-6 November di Balai Wartawan Hi. Solfian Akhmad. Menurut Kabid Pendidikan PWI Lampung, Ratna Minang Sari, UKW sangat dibutuhkan sebagai ukuran kualitas wartawan. Untuk UKW Angkatan XVIII, panitia membagi tiga kelompok yakni pemula, madya, dan utama. 

“Biayanya ada penambahan untuk pra UKW. Sebelumnya angkatan Muda Rp1 juta menjadi Rp1,2 juta, Madya dari Rp1,5 juta menjadi Rp1,7 juta, dan Utama dari Rp2 juta menjadi RO2,2 juta. Biaya sebesar itu juga merupakan hasil keputusan rapat pengurus harian,” kata Ratna, Senin (15/10) pagi.

Dia menambahkan, UKW kali ini agak beda dari sebelumnya dimana dalam pelaksanaan UKW kali ini, seluruh peserta terlebih dahulu mengikuti pra-UKW.

“ Peserta mendapat pembekalan pengetahuan tentang ilmu jurnalistik sehingga memudahkan dalam menyelesaikan materi ujian,” ujarnya.

Pada angkatan ini, PWI membatasi peserta 72 orang. Sedangkan untuk pendaftaran paling telat pada 26 Oktober atau seminggu sebelumnya. 

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook