Staf Ahli Kemenkum-HAM Buktikan Pemberitaan Dalam Lapas

Admin | Rabu, 10 Oktober 2018 | Dibaca: 443 | Lampung Tengah

Nyokabar.com, Lampung Tengah -  Ramainya pemberitaan tentang pembangunan didalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsugih, Lampung Tengah (Lamteng), yang termuat di Media Social (Medsos) online akhir-akhir ini, ternyata menggugah pihak Kementrian hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum-HAM), untuk melakukan pembuktian dengan mengirimkan Staf Khususnya.

“Ternyata benar, berita di Medsos tentang pembangunan fasiltas, yang ada didalam Lapas Gunungsugih, ini bukan Hoax (berita bohong),” kata F. Haru Tamtomo, Selasa (9/102018).

Menteri Hukum dan HAM bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, sengaja datang ke dalam Lapas, untuk membuktikan kebenarannya. Di sela-sela kunjungannya dalam rangka memberikan penguatan kepada Lapas Metro, sebagai Lapas yang tergolong dalam Lapas Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Ternyata ada misi khusus, untuk mengecek kebenaran informasi yang beredar di medsos. Hal ini diakui sendiri oleh F. Haru Tamtomo, saat meninjau langsung ke dalam Lapas Gunungsugih. Disana, ia berkeliling ke setiap sudut ruangan, sembari mengecek seluruh fasilitas yang dalam Lapas.

“Sejak saudara Syarpani menjabat sebagai Kalapas Gunungsugih, pada Oktober 2017 lalu, saya aktif mengikuti perkembangan kepemimpinannya. Biasanya, setiap kunjungan ke daerah, kami dihubungi oleh Kalapas, agar Lapasnya dikunjungi. Tapi kali ini diluar kebiasaan saya, tanpa dihubungi oleh Kalapasnya, saya berniat untuk menyaksikan langsung, pesatnya pembangunan fasilitas di Lapas Gunungsugih, dan ternyata bukan hoax.”, ujar alumni AKIP XV.

Haru mengapresiasi pola pendekatan humanis, yang dilakukan oleh Kalapas Gunungsugih, Syarpani, dalam kepemimpinannya baik secara internal dan eksternal. Karena kepiawaiannya merangkul semua pihak, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan dukungan, yang menghasilkan kerjasama harmonis.

“Pendekatan yang dilakukan oleh saudara Syarpani, terhadap internal layaknya hubungan anak dan orang tua, serta kepiawaiannya dalam menjalin hubungan dengan mitra swasta maupun pemerintahan daerah, patut diapresiasi. Maklum, Kalapas ini kan pernah menjabat seperti saya, sebagai Kasubbag Humas.”, imbuh Haru.

Sementara Kalapas Gunungsugih, Syarpani menyampaikan ucapan terima kasih, atas kunjungan pihak Kemenkum-HAM, untuk melihat secara langsung ke lokasi dalam Lapas. Ia berharap, dengan begini diharapkan, ada semacam bentuk apresiasi kepada Lapas Gunungsugih, agar kedepannya diberikan perhatian khusus.

“Kami terharu, meski kami berada jauh di daerah, ternyata apa yang kami perbuat selama ini, mendapat apresiasi dari pimpinan. Semua yang kami lakukan, adalah sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Lampung Tengah. Tentunya, ini semua berkat kerjasama yang baik, dari pemerintahan daerah dan pihak-pihak yang peduli,” pungkas Syarpani. (Gun/Fazri)*

Komentar via Facebook