Pemkab Lampura Gelar Sosialisasi Program BSPS

User 7 | Senin, 01 Oktober 2018 | Dibaca: 76 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar sosialisasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Bantuan Rumah Swadaya DAK, Bantuan Luar Negeri Pembangunan Rumah Baru Backloq, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Dana APBD dan Bantuan Tambahan BSPS Reguler Dana Loan Dinas Permukim Lampung Utara. Senin (1/10/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, Anggota DPR RI, Tamanuri, para Asisten, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Camat dan pimpinan perbankan.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Lampung Utara, Zulkifli Mikhsan, mengatakan bahwa program bantuan BSPS ini terlaksana sebagai upacaya untuk mewujudkan visi Kabupaten Lampug Utara tahun 2014-2019 khususnya pada misi ketiga yang menajdi salah satu tugas Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukinan.

“ Tujuan kegiatan tersebut adalah terbangunnya rumah-rumah yang layak huni, bersih, sehat, serasi, teratur serta berkelanjutan bagi seluruh rakyat Lampung Utara,” kata Zulkifli.

Dijelaskan, Total pembagian bantuan pembangunan fisik Program BSPS lanjutan Tahun 2018 sebanyak 852 unit Rumah, di 19 Desa dan Kelurahan dengan anggaran Rp. 15.030.000.000, dengan nilai bantuan perkeluarga sebesar Rp. 15.000.000 untuk peningkatan kualitas rumah dan Rp.30.000.000 untuk pembangunan rumah baru bagi Backloq perumahan di Kabupaten Lampung Utara.

Ditempat yang sama, Anggota DPR RI, Tamanuri, mengatakan sangat bangga dapat bertemu dengan masyarakat dalam kegiatan yang dimaksud.

“ Semoga pertemuan ini dapat terus dilaksanakan,” katanya singkat.

Sementara itu, Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara, menjelaskan bahwa keberadaan rumah yang layak huni telah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Sebab dengan rumah layak dan sehat tentu akan menghasilkan aktiviutas yang positif dan produktif. Sedangkan rumah yang tidak layak huni akan dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan rendahnya tingkat krsejahteraan masyarakat.

Dikatakannya, adanya program padat karya disektor penyediaan perumahan ini, diharapkan akan mampu membantu masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni ini dapat terselesaikan, maka akan terwujud kesejahteraan sosial, sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat dan kita semua.

Menurutnya, program BSPS ini tentu berdampak terhadap penanggulangan kemiskinan karena  dengan adanya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) akan dapat meringankan beban masyarakat terhadap kebutuhan lainnya juga dapat terpenuhi.

“Saya sangat optimis jika Program BSPS ini kita laksanakan secara benar dan sungguh-sungguh, maka akan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan.” Pungkasnya.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook