Polres Lampung Utara Pastikan, Tidak Ada Kerusakan Pada Makam Minak Trio Diso

User 7 | Kamis, 13 September 2018 | Dibaca: 393 | Lampung Utara

Polres Lampung Utara Pastikan, Tidak Ada Kerusakan Pada Makam Minak Trio Diso

Sat Intelkam Polres Lampung Utara saat melakukan penyelidikan di Makam Minak Trio Diso

Nyokabar Lampung Utara – Menyikapi informasi menyesatkan yang dilakukan oleh akun Facebook Alliffando terkait kerusakan cagar budaya makam Minak Triodiso (Leluhur Masyarakat Lampung Abung) di Desa Sekipi Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten setempat. Kapolres Lampung Utara menerjunkan personilnya guna melakukan penyelidikan.

Kapolres Lampura, AKBP Eka Mulyana, menyayangkan adanya informasi menyesatkan tersebut. Dirinya menegaskan bahwa informasi yang beredar terkait rusaknya cagar budaya Makam Minak Triodiso yang disebabkan oleh pengeboman tidaklah benar.

“ Informasi itu tidak benar, makam Minak Trio Diso saat ini sedang dilakukan perbaikan,” kata Kapolres Lampura, AKBP Eka Mulyana.

Eka menjelaskan, perehapan atau perbaikan makam dilakukan oleh seorang warga yang berinisiatif untuk memugar makam tersebut. Namun lanjut dia, kegaiatan perbaikan makan tersebut sempat terhenti karena menunggu sisa biaya tambahan yang akan ditransfer oleh salah satu warga penjiarah.

“ Kami akan terus melakukan penyelidikan secara mendalam, siapa dan dimana orang yang akan memugar makam tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, juru kunci makam, Nita saat dikonfirmasi awak media membantah jika makam minak Trio Diso rusak akibat pengeboman di perusahaan batu yang lokasinya tidak berjauhan dengan makam.

“ Bukan rusak, makam ini direhab orang yang berziarah kesini dan meminta saya untuk membantu merehap makam tersebut. Pembongkaran atap sudah dua minggu yang lalu kita lakukan. Kini terhenti karena menunggi transferan uangnya. Mudah-maudahan satu dua minggu rehap selesai," kata Nita.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook