Honor Tidak Kunjung Dibayar, Staf Disdukcapil Mengeluh

User 7 | Selasa, 07 Agustus 2018 | Dibaca: 98 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara - Beberapa staf di dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) kabupaten Lampung Utara (Lampura) keluhkan honor kinerja mereka selama beberapa bulan terakhir tak kunjung cair.

Mereka menilai telah terjadi ketimpangan antara hak dan kewajiban atas kinerja pelayanan masyarakat yang  dilakukan belakangan ini.

" Ini benar- benar timpang. Satu sisi kami telah melakukan kinerja pelayanan maksimal kepada masyarakat. Tetapi hak kami berupa honor dan beban kerja selama empat bulan ini belum dicairkan. Padahal kecukupan kebutuhan pokok kami juga bersumber dari situ," keluh salah satu perwakilan staf Disdukcapil yang tidak ingin disebutkan namanya saat ditemui di dinas setempat.

Bahkan diungkapkan dia, honor yang tak kunjung cair tersebut juga dialami oleh staf operator dan penjaga alat e-KTP yang ada di seluruh kecamatan.

" Ya bukan di dinas saja tapi juga di kecamatan sudah tiga bulan ini belum cair," ungkapnya yang diamini juga oleh rekannya.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala Disdukcapil, Tien Rostina menyatakan bahwa pencairan honor termasuk beban kerja tersebut sedang diupayakan. Dia pun mengakui bahwa keluhan dari bawahannya itu adalah sesuatu yang wajar untuk menanyakan hak mereka ketika kewajiban telah ditunaikan.

 " Sudah saya upayakan maksimal dengan mengajukannya kepada pihak keuangan daerah mudah-mudahan dalam waktu dekat akan cair. Karena kondisi ini mungkin tak lepas dari kondisi keuangan daerah yang belum stabil," ujar Tien di ruang kerjanya

Lebih lanjut Tien mengatakan organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpinnya merupakan OPD yang langsung bersentuhan dengan pelayanan masyarakat khususnya dibidang administrasi kependudukan.

" kita melakukan pelayanan maksimal walaupun dengan kondisi saat ini. Saya apresiasi staf dan bawahan saya yang tetap all-out melakukan pelayanan meski honor dan beban kerja mereka belum cair. Intinya saya berupaya agar kinerja pelayanan maksimal dan hak-hak bawahan saya bisa terpenuhi," pungkasnya

Diketahui, Disdukcapil merupakan OPD yang setiap hari ramai dikunjungi masyarakat yang ingin mengurusi administrasi kependudukannya. Bahkan tak jarang Disdukcapil harus membuka pelayanan hingga malam hari dan di hari libur. 

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook