KPUD Lampura Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, Agung-Budi Unggul di 21 Kecamatan

User 7 | Kamis, 05 Juli 2018 | Dibaca: 147 | Lampung Utara

Nyokabar Lampung Utara – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Utara menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Rapat pleno itu sendiri digelar di Aula KPUD Lampung Utara, Kamis (5/7/2018) yang dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Lampura, Marthon didampingi empat komisioner, dan di hadiri oleh ketua dan anggota Panwaslu Lampura, serta saksi-saksi para pasangan calon.

Dalam pleno ini, pasangan Agung Ilmu Mangkunegara-Budi Utomo (ABDI) mendapan suara terbanyak pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Utara (Lampura) yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

Hasil penghitungan, pasangan petahana ini unggul dari dua paslon lawannya,dimana ABDI memperoleh suara 162.426 (49,34%), sementara pasangan Zainal Abidin-Yusrizal (ZAYA) berada diperingkat kedua dengan memperoleh suara sebesar 104.885 (31,85%), sedangkan pasangan Aprozi Alam-Ice Suryana (OCE) memperoleh suara 52.139 (15.84%).

Ketua KPUD Lampung Utara, Marthon menjelaskan, dari seluruh 23 Kecamatan se-Lampung Utara, pasangan calon ABDI menang di 21 Kecamatan, sementara dua kecamatan lainnya diraih oleh pasangan ZAYA. Untuk keseluruhan suara sebanyak 329.239 dengan rincian suara sah 319.450 dan suara tidak sah 9.789.

" Hasil rekapitulasi, perolehan suara terbanyak diraih pasangan nomor urut 3 (ABDI)," jelas Marthon usai rapat pleno.

Dikatakan, setelah melakukan rekapitulasi penetepan hasil, pihaknya belum menetapkan bupati terpilih. Hal itu dikarenakan, pihaknya masih menunggu apakah ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap hasil perolehan suara yang telah ditetapkan.

" Kita menunggu hingga tiga hari kedepan, apakah ada gugatan atau tidak. Jika tidak ada, barulah penetapan bupati terpilih. Itu semua sesuai dengan tahapan dan PKPU pasal 9,"ujarnya.

Ketika ditanya apakah selama proses rekapitulasi terdapat keberatan atau sanggahan dari saksi paslon lain, Marthon menguraikan jika secara khusus keberatan tersebut tidak ada."Tidak ada sanggahan saat proses rekapitulasi. Semua berjalan lancar,"tukasnya

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Diqin

Komentar via Facebook