Mendag Sebut Harga Ayam di Lampung Turun

Admin | Jumat, 25 Mei 2018 | Dibaca: 276 | Ekonomi

Nyokabar.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim, harga pangan di pasar tradisional telah mengalami penurunan khususnya komoditas daging ayam. Enggar menyatakan, berdasarkan pantauan pihakanya, daging ayam dijual dibawah harga patokan Rp33.000 per kilogram (kg).

“Tadi sudah dapat laporan harga turun, bahkan di dekat pasar Ciputat juga turun. Di Lampung kalau enggak salah ada dibawah patokan Rp33.000 per kg,” kata dia, Kamis (24/5).

Ia menjelaskan, saat ini harga patokan ayam sudah ditetapkan Rp33.000 per kg, mengalami perubahan dari sebelumnya Rp32.000 per kg.

“Peraturan yang baru dikeluarkan ini khusus untuk lebaran, kita ada Rp1.000, supaya harga tidak loncat-loncatan karena dari sisi suplainya memang berkurang,” jelasnya.

Selain itu, untuk menjaga harga ayam, pihaknya juga telah meminta pemasok untuk mengeluarkan semua stoknya di 400 titik, sehingga diharapkan harga ayam mengalami penurunan.

“Kita minta mereka untuk keluarkan semuanya, sekarang diperbolehkan, sebelumnya kan kita minta batasi. Nah ini langsung memberikan dampak penurunan harga. Jadi hukum ekonomi lah, suplai dan demand,” katanya.*

Komentar via Facebook