Harkitnas ke-110 Tingkat Kabupaten Waykanan diperingati

Admin | Senin, 21 Mei 2018 | Dibaca: 215 | Way Kanan

Nyokabar.com, Way Kanan - Bertempat dilapangan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, dilangsungkan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 tingkat Kabupaten ini, Senin, (21/05/2018).

Bertindak selaku inspektur pada upacara itu Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M dengan perwira Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kompol Suwandhi, S.H dengan peserta Upacara, Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri.

Membacakan Sambutan Tertulis Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, Raden Adipati surya menyatakan Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, bangsa ini nyaris tak punya apa-apa, hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan semua bersatu dalam cita-cita yang sama yakni kemerdekaan bangsa.

Bersatu, adalah kata kunci ketika ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Raden Adipati Surya menegaskan Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

“Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia,” Lanjutnya.

Hari Kebangkitan Nasional Ke110 Tahun 2018 mengangkat tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”.

Tema tersebut harus dimaknai dengan upaya upayapenyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagaipihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalamkerangka kebangsaan Indonesia.

Pada kesempatan itu Raden Adipati surya mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya, dalam konteks menghadapi digitalisasi ini, semua harus dalam irama yang serempak dalam memecahkan masalah dan menghadapi para pencari masalah.

“Dulu kita bisa, dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. Seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita,” Sambung Bupati Ayah tiga anak itu

 Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang,” Ucapnya.

Upacara  itu diikuti juga oleh Wakil Bupati DR. H. Edward Antony, M.M,  jajaran Forkompimda Plus, Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, dan para pejabat dilingkungan  pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan.*

Komentar via Facebook