Khamami Inginkan Saluran Irigasi Ditangani secara Swakelola

Nyokabar | Kamis, 22 Februari 2018 | Dibaca: 252 | Mesuji

Nyokabar.com, Mesuji – Bupati Mesuji Khamami melakukan pemaparan kondisi saluran irigasi, rawa, dan sungai Kabupaten Mesuji di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) di Jakarta, Rabu (21/02/2018). Pemaparan tersebut dalam rangka tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerjanya di Kabupaten Mesuji pada 21 Januari 2018 lalu. Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Irigasi dan Rawa Mochammad Mazid.

Ada beberapa hal yang diharapkan dalam kesempatan itu, diantaranya normalisasi Sungai Buaya dan Sungai Mesuji, pembangunan dan rehabilitasi tanggul penangkis, pembangunan pintu air di muara saluran primer, normalisasi saluran primer, sekunder, dan tersier sampai penanganan saluran beton, Pembangunan dan rehabilitasi pintu air, serta penanganan abrasi di unit II di Desa Sidang Iso Mukti dan Sidang Sido Rahayu.

“Kami berharap penanganan saluran irigasi di Mesuji dapat dikerjakan secara swakelola. Selain menghemat anggaran, hasil yang diharapkan juga dapat maksimal. Untuk itu, saya mohon kepada Kementerian PU-PR agar memaksimalkan bantuan yang ada berupa alat-alat berat. Usulan dari kami juga disambut baik oleh Pak Menteri,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mesuji Najmul Fikri yang ikut serta mendampingi, berharap dengan pembangunan saluran irigasi tersebut berdampak pada peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Mesuji guna mendukung kedaulatan pangan di Indonesia.

“Selain itu, dengan berfungsinya saluran irigasi, rawa, dan sungai diharapkan kejadian banjir yang melanda beberapa area permukiman dan lahan pertanian di Mesuji dapat diatasi,” imbuhnya.*

Komentar via Facebook