Bupati Adipati Ceritakan Tentang Way Kanan Kepada Kapolda Lampung

User 8 | Kamis, 08 Februari 2018 | Dibaca: 123 | Way Kanan

Bupati Adipati Ceritakan Tentang Way Kanan Kepada Kapolda Lampung

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya saat memberikan sambutan saat Kunjungan Kerja (Kunker) Kapolda Lampung Irjen Pol. DRS. Suntana, M.Si ke Mapolres Way Kanan, Kamis (8/2).

NYOKABAR WAY KANAN : Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menceritakan sejarah singkat Kabupaten Way Kanan dan kondisi keamanan dalam sambutannya saat Kunjungan Kerja (Kunker) Kapolda Lampung Irjen Pol. DRS. Suntana, M.Si ke Mapolres Way Kanan, Kamis (8/2).

"Saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Way Kanan mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda  beserta rombongan di Kabupaten Way Kanan. 
Mudah-mudahan dengan  Kedatangan Bapak Kapolda akan memperat tali silaturrahim antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan jajaran Kepolisian sebagai mitra kerja khususnya dalam menangani persoalan-persoalan yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Bupati Adipati dalam sambutannya.

Bupati Adipati menuturkan tentang Kabupaten Way Kanan yang terbentuk 19 tahun silam tepatnya tanggal 27 April 1999, merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Kabupaten Way Kanan terletak di ujung Utara Provinsi Lampung, dengan jarak sekitar 200 KM dari Ibukota Provinsi Lampung dan berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan. 

"Saat ini Kabupaten Way Kanan berpenduduk 410.532 jiwa yang tersebar di 14 kecamatan. Kabupaten Way Kanan terdiri dari 221 kampung serta 6 kelurahan, dengan Luas wilayah 3.921,63 KM² atau 11,11% dari luas wilayah Provinsi Lampung. Kabupaten Way Kanan memiliki batas-batas administrasi yakni Kabupaten Way Kanan pada sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Utara. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat," ujarnya.

Bupati Adipati menjelaskan Visi Pemerintah Kabupaten Way Kanan adalah "Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021". 

Untuk mewujudkan visi tersebut Bupati Adipati mengatakan maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan memiliki 6 (enam) agenda pokok atau prioritas pembangunan.

"6 agenda pokok atau prioritas yakni ; Meningkatkan pelayanan kesehatan, Meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan, Meningkatkan pembangunan infrastruktur, Meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui koperasi usaha kecil dan menengah (UMKM), Membentuk sumberdaya manusia yang lebih baik, handal dan dapat berdaya saing, sehingga terbentuk pemerintahan yang bersih dan berwibawa, lalu Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Way Kanan dengan mengembangkan potensi daerah yang berbasis pada sektor perkebunan dan pertanian," jelasnya.

Bupati Adipati juga menjelaskan secara umum penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Way Kanan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat kampung saat ini sudah berjalan dengan baik.

"Semua yang telah diraih tidak terlepas dari semakin kondusifnya situasi dan kondisi keamanan yang tercipta atas kerjasama antara seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Kepolisian dan TNI dalam menjaga, memelihara ketertiban dan keamanan," jelas dia.

Bupati Adipati mengucapkan rasa terima kasih kepada  Kepolisian Daerah Lampung khususnya jajaran Polres Way Kanan yang selalu menjaga konsep pelayanan sesuai dengan peraturan Kepolisian Republik Indonesia dan memahami adat istiadat yang ada di Kabupaten Way Kanan.

"Dalam kehidupan bermasyarakat mampu menciptakan interaksi sosial yang harmonis, santun dan bermartabat serta dipercaya oleh masyarakat," katanya.

Laporan wartawan nyokabar.com : (Jomi/Milyar)

Komentar via Facebook