Sederet Manfaat Konsumsi Buah Pisang yang Masih Hijau

Nyokabar | Rabu, 24 Januari 2018 | Dibaca: 301 | Kesehatan

Nyokabar.com, - Buah pisang yang masih hijau kerap kita jumpai dijual di pasar-pasar tradisional. Pada umumnya, jika kita menjumpai buah pisang yang hijau maka kita akan makan menunggu sampai buahnya berwarna kuning tanda sudah masak. 

Akan tetapi tahukah anda bahwa ternyata mengonsumsi pisang hijau menyimpan banyak manfaat?

Pisang hijau kaya akan serat, vitamin dan mineral, serta zat tepung yang membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Kendati makan pisang hijau terdengar aneh, namun dampaknya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Boldsky, inilah beberapa manfaat mengonsumsi pisang yang masih hijau:

Membantu Penyerapan Nutrisi

Jika anda memasukkan menu pisang hijau dalam pola diet, maka buah ini akan membantu meningkatkan kesehatan usus. Hal tersebut karena adanya kandungan lemak rantai pendek yang ada dalam pisang hijau. Penyerapan nutrisi, terutama kalsium, akan semakin baik.

Membantu Regulasi Aliran Darah

Pisang hijau kaya akan potasium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Potasium berperan sebagai vasodilator yakni menurunkan tekanan darah dan menyaring darah di pembuluh serta arteri. Oleh karena itu konsumsi pisang hijau mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Obat Pencernaan

Kandungan resistan zat tepung pada pisang hijau membawa dampak yang sehat bagi sistem pencernaan. Kandungan ini memiliki serat yang membantu mencegah kembung dan konstipasi jika dimakan dalam jumlah yang cukup.

Pisang Hijau Mengandung Bakteri Probiotik

Bakteri probiotik baik bagi kesehatan usus. Keberadaan bakteri probiotik dalam usus akan melancarkan sistem pencernaan serta membuat kondisi perut lebih sehat.

Obat Sakit Diare

Pisang hijau punya kemampuan untuk mengatasi penyakit diare dan mencret. Penyakit ini akan lenyap jika dilawan dengan pisang hijau.*

Komentar via Facebook