Makanan yang Dianjurkan Ketika Sakit Perut Melanda

Nyokabar | Kamis, 11 Januari 2018 | Dibaca: 252 | Kesehatan

Nyokabar.com - Sakit perut tiba-tiba memang tidak menyenangkan. Apalagi rasa sakit ditambah dengan kram, mual, kembung, hingga diare membuat kesulitan mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun menghilangkan sakit perut tidak harus dengan obat. Laman Shape.com memberikan beberapa referensi makanan yang bisa dikonsumsi saat sakit perut melanda.

Pisang menjadi salah satu obat mujarab untuk sakit perut. Percaya atau tidak, pisang menjadi salah satu sumber energi wajib bagi para atlet lari. Tidak hanya sebagai sumber energi, buah yang populer di dunia ini juga aman bagi perut karena sangat mudah dicerna. Ditambah pula kandungan pectin yang berfungsi membantu gerakan usus secara alami. Tidak heran bila pisang sanggup mengatasi sakit perut.

Silahkan masukkan buah pepaya ke dalam daftar makanan baik untuk perut. Buah tropis ini sangat berperan dalam membantu dan mendorong pencernaan, serta mengatasi sembelit. Keajaiban buah pepaya bagi perut akibat peran dari enzim papain dan chymopapain, yakni enzim yang membantu memecah protein, menenangkan perut, serta menghasilkan jenis asam yang sehat.

Saat kondisi perut tidak bersahabat ada baiknya menempel pada makanan hambar, misalnya nasi putih, roti, atau kentang rebus. Selain tidak menambahkan kinerja pencernaan, makanan hambar tersebut bagus dalam mengurangi diare karena menyerap cairan. Tidak hanya itu, makanan hambar juga bisa menambahkan curah pada tinja. Namun setelah sakit perut reda, sebaiknya konsumsi lagi makanan gandum utuh dan beras merah yang kaya serat.

Apabila sakit perut disambangi dengan mual dan muntah, jahe solusinya. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa jahe merupakan obat dari gangguan pencernaan dan mual secara keseluruhan. Bahkan banyak pakar menyarankan jahe sebagai obat ketika mengalami keracunan makanan. Ketika sakit perut, mengunyah permen jahe atau menyeduh jahe bubuk akan sangat membantu. Bisa pula membuat smoothie atau sari jahe.

Beberapa makanan lain, seperti apel, teh herbal, dan yoghurt juga dianjurkan saat sakit perut. Kandungan di dalam makanan tersebut berfungsi menyembuhkan dan menenangkan perut. Daftar makanan di atas juga membuktikan bahwa sakit perut tidak harus diobati dengan pil atau kapsul kimia. Makanan sehat yang bisa ditemukan sehari-hari justru lebih baik dan manjur sebagai pengganti obat.*

Komentar via Facebook