Ribuan Nelayan Labuhan Maringgai Inginkan Mustafa Jadi Gubernur

Nyokabar | Rabu, 20 Desember 2017 | Dibaca: 141 | Lampung Timur

Nyokabar Lampung Timur.  Ribuan nelayan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur menyambut kedatangan Bakal calon gubernur (Balongub) dari Partai NasDem DR. Ir. Mustafa dalam acara ruwatan laut, Rabu, 20 Desember 2017. Ruwatan laut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan untuk mendoakan keselamatan dan kelimpahan rezeki bagi para nelayan.

Sekitar 200 meter, Mustafa diarak ribuan para nelayan menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai. Tradisi ruwatan juga diikuti para tokoh agama dan para sesepuh kampung setempat.

Bahkan demi menyambut calon gubernur ronda ini, aktivitas TPI diliburkan dan ribuan nelayan berpartisipasi mengikuti acara ruwatan yang dipimpin langsung oleh Nuryanto, nelayan sekaligus tokoh masyarakat setempat. Ruwatan dilaksanakan di laut dengan memanjatkan doa-doa dan harapan para nelayan.

Dalam sambutannya, Mustafa menuturkan nelayan dan potensi perikanan menjadi sektor yang harus dikembangkan dalam rangka menopang perekonomian masyarakat khususnya di wilayah pesisir. Menurutnya dengan potensi laut yang ada, seharusnya nelayan bisa sejahtera.

“Tapi ketika kita menemukan fakta nelayan masih belum sejahtera, tentunya ini menjadi PR kita yang harus diselesaikan. Pemberdayaan nelayan harus kita lakukan, hari ini saya juga menyerahkan asuransi untuk nelayan agar jaminan kesehatan mereka terjaga,” ungkapnya.

Terkait tingginya dukungan nelayan Labuhan Maringgai, Mustafa yang didukung tiga koalisi KECE (NasDem, Hanura dan PKS) ini mengaku terharu dan siap mengemban amanah sesuai dengan harapan para nelayan, khususnya terkait pemberdayaan dan kesejahteraan.

“Ini adalah amanah dari nelayan yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Dukungan mereka untuk menjadikan saya gubernur akan saya bayar dengan memperjuangkan harapan-harapan para nelayan, khususnya di Labuhan Maringgai,” ujar Mustafa.

Sementara itu Nuryanto, nelayan pemimpin ruwatan menerangkan tradisi ruwatan merupakan pestanya para nelayan, sebagai bentuk syukur dan harapan untuk keselamatan serta kelimpahan rezeki para nelayan. Menggunakan dana swadaya, ruwatan diikuti 3.500 nelayan.

“Total nelayan di Labuhan Maringgai yakni 6.600 dan nelayan memiliki 1.700 perahu. Kami siap mendukung Pak Mustafa untuk menjadi Gubernur Lampung karena beliau punya kepedulian besar terhadap nelayan. Beliau sangat merakyat dan bisa merangkul semua elemen hingga ketingkat bawah. Kami siap memenangkan beliau,” ucap Nuryanto.

Berbeda dengan ruwatan sebelumnya, dikatakan Nuryanto, ruwatan kali ini para nelayan juga memanjatkan doa agar Mustafa bisa menjadi Gubernur Lampung di Pilkada 2018. “Kami para nelayan Labuhan Maringgai siap mendukung dan mengantarkan beliau menjadi Gubernur Lampung,” tegasnya.(*)

Komentar via Facebook