Aksi Baksos PEMULA Way Kanan, Cabut Paku dalam Pohon

Nyokabar | Senin, 11 Desember 2017 | Dibaca: 334 | Way Kanan

Nyokabar.com, Way Kanan - Puluhan pemuda-pemudi yang tergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan dan Alam (PEMULA) Way Kanan melakukan aksi bakti sosial cabut paku pada pohon dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Mayjend Ryacudu, Kecamatan Blambangan Umpu pada Sabtu ( 9/12/2017).

Aksi yang mengusung tema Mari Cintai Pohon, Pohon adalah Nafasku tersebut sekaligus memperingati Hari Jadi Pemula yang ketiga tahun. Selain itu juga dilakukan peresmian Bank Sampah Pemula.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Riyanda Chaikal, mengatakan pihaknya mencoba mengimplementasikan UU No 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup serta mendukung Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam upaya mendapatkan penghargaan Adipura.

Dalam hal ini, pemuda harus ambil peran untuk kemajuan daerah dalam mewujudkan kabupaten yang bersih, rapi, dan juga indah. “Jika saat ini kita mewarisi hal yang kurang baik, bagaimana nasib anak cucu kita di masa yang akan datang,” tambah Chaikal.

Sementara itu, Ketua Umum Pemula Way Kanan, Asep Mu’min, mengimbau dan mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan. Salah satunya ialah mencintai pohon.

“Pohon adalah salah satu pengahasil oksigen yang kita hirup dan merupakan sumber kehidupan, maka dari itu harus kita jaga dan lestarikan,” ujar Asep.

Adapun peserta aksi yang tergabung dari berbagai OKP dan elemen masyarakat di antaranya; Pemula Way Kanan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Katolik, Karang Taruna, Pramuka, Kelompok Kerja Wartawan (Pokjawan), Komunitas Wisata Way Kanan (K@WAN)  KPU, Panwascam, Dinas Lingkungan Hidup, serta Lurah Blambangan Umpu.

Dari aksi tersebut, berhasil dikumpulkan paku lebih kurang 5kg dan banner yang dilepas, dikumpulkan. Untuk itu, bagi lembaga pendidikan, badan usaha, parpol, dan lain-lain yang merasa iklan dan atau bannernya dilepas bisa diambil kembali di Sekretariat Pemula Way Kanan Jalan Mayjend Ryacudu Km 4 Blambangan Umpu.*

Komentar via Facebook