Bursa Inovasi Desa Dipusatkan di Kampung Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung

Nyokabar | Kamis, 07 Desember 2017 | Dibaca: 154 | Tulang Bawang

Nyokabar Tulang Bawang. Kegiatan Pembukaan Inovasi Desa Tahun 2017 dilaksanakan di Kampung Tunggal Warga Kec. Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang hari Rabu 6 Desember 17. Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, Camat Se-Kabupaten Tulang Bawang dan Kepala Desa beserta perangkat desa se- Kabupaten Tulang Bawang.

 

Bursa inovasi desa merupakan pameran kegiatan-kegiatan yang telah dinilai inovatif, terkait kegiatan pembangunan desa. Bursa inovasi ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten. Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. Bursa inovasi desa bukan sekedar pameran produk/ barang/hasil jadi , akan tetapi justru mengarah kepada ide-ide kreatif dalam pembangunan desa.

 

Tujuannya dilaksanakannya Bursa Inovasi Desa antara lain agar ada pertukaran pengetahuan kegiatan-kegiatan inovatif yang dananya bersumber dari dana desa, sekaligus sebagai bentuk transparansi penggunaan dana desa. Bursa Inovasi Desa ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembangunan desa, dimana Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa diharapkan dapat menjawab permasalahan dan meningkatkan potensi desa secara langsung. Serta dalam mewujudkan pengelolaan Dana Desa yang efektif, efisien dan akuntabel melalui kerjasama yang sinergis di bidang pencegahan, pengawasan dan permasalahan Dana Desa.

 

Dalam sambutannya Bupati sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa dapat membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai oleh Pemerintah Desa mencari inovasi yang belum terdokumentasi serta membagi informasi penyedia jasa layanan teknis yang dibutuhkan desa.

 

Mengakhiri sambutnannya Bupati menyampaikan bahwa program inovasi desa dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Komentar via Facebook