Konsumsi Buah dan Sayur ini Bisa Hilangkan stres

Nyokabar | Rabu, 06 Desember 2017 | Dibaca: 107 | Gaya Hidup

Nyokabar.com. Pada umumnya, cara yang dipilih orang untuk menghilangkan stres salah satunya adalah pergi berlibur. Padahal ada cara lain yang lebih mudah untuk menghilangkan stres, yaitu melalui makan.

Namun, tidak semua makanan yang dikonsumsi bisa untuk mengilangkan stres. Dikutip dari WebMD.com, berikut asupan makanan yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan beban pikiran.

1. Konsumsi karbohdirat

Sebuah penelitian menunjukan makanan yang kaya akan karbohidrat dapat menghilangkan stres. Sebab, kandungan karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin, kimia otak yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

Ada banyak pilihan makanan karbohidrat yang dapat Anda santap ketika stres, mulai dari sarapan roti, pasta, dan bubur. Anda juga dapat menikmati gandum dan sereal yang tidak hanya dapat mengatasi stres, tapi juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengatur mood.

2. Jeruk

Tak hanya enak dan menyegarkan, ternyata jeruk juga dapat membantu Anda mengurangi stres. Dikarenakan jeruk kaya akan Vitamin C yang dianggap mampu mengurangi tingkat stres.

3. Sayuran hijau

Kandungan magnesium pada sayuran hijau sangat membantu mengatur kadar kortisol dan cenderung terkuras saat kita berada di bawah tekanan. Terlalu sedikit magnesium dapat memicu gangguan kesehatan yang dapat memicu stres, diantaranya sakit kepala dan kelelahan.

Jika anda tidak terlalu menyukai sayuran hijau, Anda dapat menggaantinya dengan fillet salmon atau ikan halibut. Sebab, kedua jenis makanan ini juga kaya akan magnesium. Selain itu, biji labu, wijen, biji rami dan kedelai juga membantu meningkatkan asupan magnesium.

4. Teh

Minum teh merupakan cara tradisonal yang dilakukan oleh orang di Inggris saat ingin menghilangkan stres. Cara ini tentunya bukan hanya kebiasaan semata, teh mengandung L-theanine, zat alami yang telah terbukti membantu menciptakan perasaan santai.

Ketika ingin menghilankan stres melalui cara ini, alangkah baiknya Anda memilih teh hitam ketimbang teh hijau. Sebab, teh hitam menandung lima kali lebih banyak L-theanine.

5. Kacang almond

Almond kaya akan vitamin yang bermanfaat, seperti Vitamin E untuk memerkuat sistem kekebalan tubuh dan Vitamin B yang bisa membuat tubuh lebih kenyal saat menghadapi stres. Oleh karenanya, jadikanlah almond atau berbagai jenis kacang apa pun sebagai cemilan untuk mengurangi tingkat stres.

6. Susu

Penenang lain yang ampuh mengurangi tingkat stres yaitu segelas susu hangat. Pasalnya, susu kaya akan kandungan kalsium yang dapat memberikan efek ketenangan, mengurangi kecemasan, dan perubahan suasana hati. Susu juga mengandung tryptophan dan melatonin. Dua zat alami tersebut membantu Anda untuk tidur dan mengurangi kecemasan.

Komentar via Facebook