Polda Lampung Ringkus 6 Tersangka Narkoba

Nyokabar | Kamis, 30 November 2017 | Dibaca: 147 | Hukum

Nyokabar.com, Bandar Lampung - Dalam tiga hari operasi, tim opsnal Subdit III Ditresnarkoba Polda Lampung menangkap berbagai pelaku, yakni bandar dan kurir narkoba jenis sabu dengan total berat barang bukti mencapai 534 gram. Barang haram tersebut dari enam pelaku dengan empat kasus.

Pertama sabu seberat 300 gram didapat dari dua pelaku yakni A. Kodir seorang supir travel (25), warga Desa Way Wakak, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara dan rekannya Irfan Yusuf (24), warga Desa Talang Durian, Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara. Keduanya diamankan pada hari Senin (27/11) sekitar pukul 15.30 WIB, di perumahan Nila Kandi, Kecamatan Bumi Waras.

Penangkapan keduanya berawal dari informasi masyarakat bahwa di salah satu perumahan ditemukan sebuah plastik hitam berisi sabu-sabu, yang diletakan oleh seseorang mencurigakan di atas rumput.

“Jadi ada informasi, anggota kesana pas plastik dibuka ternyata tiga bungkus sabu,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung, Kombes Pol Abrar Tuntalanai, Rabu (29/11).

Lantas petugas mengintai dari jauh, dua jam kemudian datang satu unit Toyota Calya Hitam BE 2952 JJ, yang dikendarai kedua pelaku. Dari keterangan Kodir, ia disuruh oleh seseorang bernama MO (DPO).

“Nah si pelaku supir travel (Kodir) keluar ambil bungkusan itu, langsung kita gerebek, nah yang nyuruh ini masih kita kejar,” jelasnya.

Sementara Kodir membantah dirinya merupakan kurir sabu, ia hanya mendapat perintah dari MO yang merupakan penumpang rutin travel jurusan Rajabasa–Way Kanan.

“Saya juga nggak akan mau ngambil kalau itu sabu, teman saya itu juga cuma kebetulan lagi ikut sama saya,” kata Kodir.

Selanjutnya sabu seberat 200 gram dari dua kantong juga diamankan petugas dari tersangka Bramanto (20) dan G (16), di depan Kantor Pos diJalan Ikan Tembakang Sukaraja, Kecamatan Teluk Betung Selatan, (28/11) sekitar pukul 17.00 WIB karena kedapatan membawa barang haram tersebut.

Dua perkara lainnya yakni Yuli Alias Imung (31), warga Jalan Hi. Agus Salim, Kelurahan Kaliawi, Kecamatan Tanjung Karang Pusat dengan barang bukti sabu, seberat 10 gram, kemudian Dedi Gunawan juga diamankan di sebuah kontrakan di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Kedamaian, Kecamatan Tanjung Karang Timur dengan barang bukti tiga paket sedang dengan total berat 24 Gram.
“Jadi mereka yang tiga kasus ini, target kami, dan pengakuan mereka berbelit-belit,” kata Abrar.

Disinggung asal barang haram tersebut ternyata bervariasi, ada yang dari Pulau Jawa, maupun di lembaga permasyarakatan. Namun tidak ada sama sekali sabu yang teridentifikasi berasal dari Lampung, khususnya di 14 desa yang menjadi kawasan bebas narkoba.

“Semua dari luar, kalau yang Kampung narkoba sekarang sudah bersih,” katanya.*

Komentar via Facebook