Pada Ribuan Guru, Mustafa Minta Guru Bangun Moralitas Anak Didik

Nyokabar | Senin, 27 November 2017 | Dibaca: 160 | Pendidikan

Nyokabar.com, Lampung Tengah - Guru adalah ujung tombak masa depan bangsa. Mereka adalah salah satu pilar utama yang akan menentukan seperti apa generasi penerus negeri ini nantinya. Menyadari pentingnya peranan guru, Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa meminta agar guru meningkatkan profesionalitas.

Harapan ini disampaikan Mustafa saat memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang berlangsung di Gedung Sesat Nuwo Balak, Sabtu, 25/11/2017. Menurutnya para guru harus meningkatkan profesionalitas, etos kerja, dan disiplin mereka, agar menjadi contoh bagi anak didiknya.

Mustafa menambahkan, pada saat ini, degradasi moral banyak terlihat pada generasi muda. Oleh karena itu, katanya lagi, pendidikan karakter pada anak usia dini sangat penting. Dia berharap banyak pada para guru untuk membentuk karakter bangsa

“Dalam membangun pendidikan karakter salah satunya mengenai pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Saya harap para guru di Lampung Tengah juga harus menanamkan nilai-nilai kebangsaan tersebut sejak dini,” tandasnya.

Kepada para ribuan guru, ia juga berpesan hendaknya terus selalu meningkatkan kualitas diri  dan berinovasi dalam menetapkan proses belajar.Saya ingin para guru berinovasi, agar belajar menjadi hal yang menyenangkan bagi murid, sehingga para guru dapat mencetak generasi yang cerdas dan berkulitas, sebagai penerus pembangunan,” tegas Mustafa.

Sementara itu Ketua PGRI Lampung Tengah Hi. Sarjito menerangkan peringatan HGN dilaksanakan dengan menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema "Peranan Guru dalam Pencegahan Radikalisme, Narkoba, dan Kenakalan Remaja di satuan Pendidikan".

Diikuti ribuan anggota PGRI se-Lamteng, seminar ini mendatangkan narasumber dari Juru bicara Mabes POLRI yaitu Kombes Pol Dra. Sri Suari, MSi, dan Ketua DPP Granat Indonesia KRH. Hi, Henry Yosodiningrat, S.H. serta dari Polda Lampung Dir. Narkoba dan Kabid Humas Polda Lampung.

“Ini merupakan even tahunan. Saat HGN dan HUT PGRI selalu dilaksanakan upacara, resepsi, dan sebelumnya telah dilaksanakan beberapa lomba oleh guru untuk peningkatan dan memacu guru dalam berkarya berinovasi agar kedepannya guru semakin profesional dan bermartabat,” ujarnya.*

Komentar via Facebook