Adipati Lepas 25 Jemaah Umroh

Nyokabar | Kamis, 23 November 2017 | Dibaca: 135 | Way Kanan

Nyokabar.com, Way Kanan - Bupati Waykanan Raden Adipati Surya melepas 25 jemaah umroh di Rumah Dinas Wakil Bupati.

“Keberangkatan para jamaah ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah umroh dengan niat mengharap ridha Allah Subhana Wata’ala,” kata bupati.

Ibadah umroh yang merupakan ibadah sunah bagi yang mampu melaksanakannya, baik dari segi ekonomi dan kesehatan  fisik dan mental. Disamping itu, harus memenuhi persyaratan, baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ibadah umroh hendaknya bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara.

Para jamaah hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah umroh itu sendiri, yaitu ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i.

Ibadah batin kesemuaannya itu berakhir pada kontrak atau perjanjian sebagai makhluk kepada Allah sebagai sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah dikerjakan sebelumnya.

“Saya berharap keberangkatan para jamaah umroh dari Waykanan ini, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun umroh, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta-duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa,” ujar bupati.

Umat Islam dari seluruh penjuru dunia, karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

Dipesankan kepada para jamaah sekalian, selama berada ditanah suci jagalah kesehatan karena udara di tanah suci sangat berbeda dengan ditanah air.

Untuk itu diharapkan kepada jamaah agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa menganggu kesehatan.

Sebelum mengakhiri sambutan ini saya ingin menitipkan harapan kepada jama’ah sekalian, agar senantiasa mendoakan daerah yang tercinta ini, supaya pembangunan di Waykanan dapat dilaksanakan secara baik.

Para jamaah tersebut berasal dari unsur Muhammadiyah, Kajari,

Polres Waykanan, LDDI, Pengurus Cabang NU, Kantor Kementerian Agama, Guru Ngaji (dua orang), kepala kampung.

Tenaga Kesehatan, Juara Lomba Pidato tingkat Asean, Anggota Polres Way berprestasi, Masyarakat yang berdedikasi dalam proses pembangunan (Enam orang), Unsur PWI, unsur ASN (tiga orang), unsur camat.*

Komentar via Facebook