Pemkab Pringsewu Beri Bantuan Dana Hibah Perluasan Lahan TPU

Nyokabar | Selasa, 21 November 2017 | Dibaca: 130 | Pringsewu

Nyokabar.com, Pringsewu - Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan bantuan dana hibah Rp 50 juta untuk pembelian perluasan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) KH.Ghalib Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi secara simbolis menyerahkan dana bantuan kepada Ketua Panitia perluasan TPU KH.Gholib Ustadz Ahmad Syaifudin. berlangsung, Selasa (21/11) di Kelurahan Pringsewu Barat.

Agenda itu sekaligus pembagian  dana isentif kepada tujuh Kepala Lingkungan (Kaling)  dan 34 Ketua ‎RT setempat, selama lima bulan dari Mei-September 2017. Untuk Kaling Rp500 perbulan dan Ketua RT Rp 300 perbulan.

Kesempatan itu Wabup Fauzi ‎menuturkan, bahwa Pemkab Pringsewu belum bisa memberikan bantuan dana yang banyak sesuai dengan keinginan dari panitia, karena memang keterbatasan anggaran dana hibah yang ada.”Sementara hanya itu kepedulian dari Pemkab Pringsewu semoga dapat bermanfaat membantu meringankan pantia perluasan TPU KH.Gholib,”ujarnya.

Menurutnya TPU KH.Gholib memang merupakan pemakaman bersejarah juga  favorit, kemungkinan disitu memang ada makam tokoh perjuangan juga tokoh agama yakni KH.Gholib, sehingga warga Pringsewu yang meninggal minta di makamkan di tempat tersebut, sehingga lahan yang ada menjadi cepat sempit. “Namanya juga amanah dari yang meninggal, jadi ya tetap dimakamkan di TPU tersebut,”

Sementara Ketua panitia perluasan lahan TPU KH.Gholib Ustad Ahmad Syaifudin menuturkan bahwa lahan TPU bersejarah itu kendati mempunyai luas 1,2 hektar tetapi kini sudah sempit dan tidak ada lahan lagi yang tersisa untuk pemakaman.

Maka pada 2016 lalu, beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta pemerintah Kelurahan Pringsewu Barat melakukan rapat guna melakukan perluasan lahan TPU dengan cara membeli lahan warga yang ada disamping TPU.

Sedang rencana perluasan sekitar 2.674 meter persegi milik dua warga yang akan dijual seharga Rp.580 juta. Berdasarkan hasil swadaya masyarakat, maka sudah dapat mengumpulkan dana sebesar Rp.220juta dan sudah dibelikan lahan1,300‎ meter persegi.”Jadi tinggal separo lagi dana untuk melunasinya.”Alhamdulillah Pemkab Pringsewu membantu Rp50juta. Ini bisa untuk cicilan kekurangannya,”jelas Ahmad Saifudin.

‎Sebelumnya Lurah Pringsewu Barat Marwan, pihak pemerintah kelurahan dan masyarakat Pringsewu Barat kususnya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu yang telah membantu dana hibah tersebut, yang nantinya akan dipergunakan untuk tambahan pembelian perluasan lahan TPU KH.Golib.

“Semoga dana bantuan tersebut menjadi barokah, nantinya dana itu kami serahkan kepada panitia dan akan dipergunakan sesuai keperuntukannya,”‎paparnya.

Disisi lain Lurah Marwan menuturkan, bahwa wilayah Pringsewu Barat mempunyai luas wilayah 179 hektar,  berpenduduk sekitar  11 ribu atau sekitar  2.90‎0 Kepala Keluarga (KK).”Untuk mata pencahariannya bervariasi, ada petani, PNS, padagang‎ dan wiraswasta,”imbuhnya.

Hadir Kepala Dinas BPMP Malian Ayub, Camat Pringsewu Abu Husein, Danramil Kapten Inf. Redi, Kapolsek Pringsewu Kompol.Andik Purnomo, perwakilan Kesbangpol, Kabag Humas dan Protokol Yanwar Heriyanto, Lurah se-Kecamatan Pringsewu.*

Komentar via Facebook