Menteri BUMN Datangi Rumah Veteran Lampung

Nyokabar | Senin, 13 November 2017 | Dibaca: 153 | Bandar Lampung

Nyokabar.com, Bandar Lampung - Di hari Pahlawan, tahun ini, Menteri BUMN RI, Rini Soemarno mengunjungi kediaman salah satu veteran Lampung, yang rumahnya dibedah oleh perusahaan milik negara, yaitu rumah M.Nasir yang lokasinya berada di Jl. Pagar Alam,  Gg. Aries II, Langkapura, Bandar Lampung.

Untuk wilayah Lampung, panitia pelaksana program BUMN Hadir untuk Negeri, yaitu PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dan PTPN 7, yang memberikan bantuan bedah rumah bagi 45 rumah veteran dan 1 kantor LVRI di Provinsi Lampung.

Dalam kunjungannya Menteri BUMN, Rini Soemarno, Jumat (10/11), mengucapkan selamat Hari Pahlawan untuk semua veteran yang ada di Indonesia, sebagai bentuk apresiasinya melalui amanah Program BUMN Hadir untuk Negeri yang sudah dicanangkan sejak tahun 2015, salah satunya Bedah Rumah Veteran yang akan terus-menerus dilakukan.

Bedah Rumah Veteran ialah bentuk komitmen BUMN. Sejak dijalankan program BUMN dari tahun 2015 sudah ada 4.500 rumah veteran yang di bedah dan ini akan terus berkelanjutan hingga merata keseluruh rumah veteran di Indonesia.

“Ini merupakan bentuk komitmen PGN sebagai BUMN Apresiasi Pahlawan Bangsa Indonesia termasuk daerah Lampung, khususnya untuk para veteran” ujar Rini.

Tahun 2017 diselesaikan 1700 rumah se-Indonesia sebagai bakti BUMN, selain Bedah Rumah juga ada pertukaran pelajar se-Indonesia untuk memahami dan mengenal wilayah Indonesia yang sudah diwariskan para pahlawan.

Semwntara itu, Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, bantuan bedah rumah veteran, merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri. Di Bandar Lampung PGN bekerja sama dengan PTPN 7, untuk merenovasi sebanyak 45 unit rumah.

Sebelumnya pada rangkaian program sosial dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 Tahun dan hari ini dipantau langsung oleh Bu Menteri tepat dihari Pahlawan.

Tahun ini Kementerian BUMN menugaskan PGN selaku penanggung jawab pelaksanauntuk merenovasi 45 unit rumah veteran dan 1 kantor LVRI yang ditargetkan selesai pada akhir November 2017.

Renovasi rumah yang dilakukan mulai dari pembangunan pondasi, perbaikan atap, pemasangan plafon, pemasangan keramik, plester aci dinding rumah, renovasi kamar mandi dan lainnya tergantung dari kebutuhan perbaikan masing-masing rumah veteran itu sendiri.

Dalam program bedah rumah di Lampung ini, PGN mengeluarkan anggaran sebesar Rp 1,15 miliar. Renovasi 45 unit rumah tahun ini tersebar di Bandar Lampung sebanyak 10 unit, Kota Metro 10 unit, Lampung Timur 12 unit, Lampung Tengah 8 unit, dan Lampung Selatan 5 unit dengan total anggaran renovasi hingga Rp 1,2miliar.

Selain bentuk kepedulian terhadap para veteran, bedah rumah ini juga bertujuan untuk memperbaiki rumah tinggal para pejuang kemerdekaan agar layak huni dan nyaman.

Sebelumnya pada 2016 lalu, PGN juga telah merenovasi sekitar 50 rumah para veteran yang berada di wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat dengan biaya sebesar Rp 1,2 miliar. Lalu pada tahun 2015, PGN juga merenovasi 47 rumah veteran di wilayah DKI Jakarta dengan biaya Rp 2,2 miliar.  Pada tahun ini PGN ditunjuk sebagai Koordinator Program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung.

Lampung menjadi salah satu wilayah operasi PGN dalam menyalurkan energi baik gas bumi dengan menyalurkan gas bumi ke 3 pembangkit listrik, 1 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), 3 hotel dan 16 industri.

Saat ini PGN juga mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk membangun jaringan gas rumah tangga di Kota Bandar Lampung sebanyak 10.321 sambungan.

Salah satu Veteran yang sudah berhasil dibedah,  M. Nasir, mengucapkan Terimakasih banyak untuk Kementerian BUMN yang sudah melakukan bedah rumah para veteran.*

Komentar via Facebook