Risiko Menyimpan Telur di Rak Telur Lemari Es

Nyokabar | Jumat, 10 November 2017 | Dibaca: 115 | Kesehatan

Nyokabar.com, - Lemari es adalah tempat favorit untuk menyimpan telur. Apalagi adanya rak telur yang menempel di bagian dalam pintu makin memudahkan penyimpanan. Namun rupanya ada risiko kesehatan yang mengintai jika kita menyimpan telur mentah di rak telur tersebut.

Vlatka Lake, manajer marketing perusahaan penyimpanan Space Station, menyarankan sebaliknya. "Telur-telur mentah sebaiknya disimpan di rak bagian dalam kulkas, bukan di rak telur yang pada umumnya menempel di pintu kulkas," katanya dikutip The Sun.

Menurut Lake masih banyak masyarakat yang belum menyadari kiat sederhana ini. Akibatnya mereka kerap bertanya-tanya mengapa warna kuning telur bisa berubah walau disimpan di lemari es. Perubahan warna telur ini memengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Menempatkan telur di bagian pintu memungkinkan telur tersebut lebih sering terekspos suhu udara yang fluktuatif. Karena, pintu kulkas yang dibuka tutup menyebabkan perubahan suhu di bagian dalam pintu. Lake menjelaskan bahwa kondisi ini menyebabkan telur membusuk lebih cepat.

Rak di bagian dalam kulkas adalah tempat yang disarankan untuk menyimpan telur karena suhunya cenderung lebih stabil. Letakkan telur-telur di dalam sebuah mangkuk atau wadah besar kemudian simpan di rak kulkas.*

Komentar via Facebook