DJP Lampung Ajak Pelajar Peduli Pajak

Nyokabar | Kamis, 09 November 2017 | Dibaca: 131 | Ekonomi

Nyokabar.com, Bandar Lampung - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) wilayah Lampung dan Bengkulu mengajak pelajar untuk peduli pajak. Caranya dengan menjaga infrastruktur serta fasilitas umum yang dibiayai dari pajak dan menanamkan kesadaran untuk ikut membayar pajak dimasa depan.

Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Lampung& Bengkulu, Andy Putranto menuturkan, tanpa disadari para pelajar telah menikmati banyak fasilitas yang disediakan negara. Diantaranya angkutan laut, darat, udara, jasa kesehatan, penggunaan listrik (PLN), dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), yang dananya bersumber dari pajak.

Menurutnya, membayar pajak merupakan suatu kontribusi masyarakat yang wajib terhadap negara, sifatnya dipaksakan sesuai undang-undang.

”Bagi warga negara yang taat pajak mendapat kontraprestasi secara tidak langsung, yang dananya untuk membiayai pengeluaran umum pemerintah,” kata dia saat memberikan materi dalam acara sosialisasi sadar pajak kepada sejumlah pelajar dari SMA Alkautsar Bandarlampung, di Aula Kanwil DJP setempat, Rabu (8/11).

Menurut Andy, tujuan diadakannya program sosialisasi tersebut agar kaum muda bisa lebih memahami dan peduli pajak. Sehingga diharapkan nantinya saat sudah mendapatkan penghasilan sendiri, mereka akan sadar pajak serta taat membayar pajak.

Perlu diketahui, “School Goes to Tax Office, anak muda ngerti pajak” merupakan program Kementerian Keuangan, kemudian dilaksanakan oleh DJP Kanwil di daerah. Program ini untuk memberikan sosialisasi pajak terhadap para generasi muda atau kalangan pelajar.*

Komentar via Facebook