19 Pejabat Pemkot Metro Terpilih Sebagai Figur Publik

Nyokabar | Senin, 23 Oktober 2017 | Dibaca: 160 | Metro

Nyokabar.com , Metro – Kurang lebih 19 pejabat lingkup Pemerintah Kota Metro, terpilih sebagai figur publik yang peduli akan keterbukaan informasi publik yang mengarah pada Pemerintahan yang Good Goverment. Ke 19 figur tersebut, diberikan tanda penghargaan dari jajaran redaksional media siber online Lampungsai.com, pada momen Seminar Jurnalistik yang bertemakan “Etika Jurnalistik Di Era Digital Media Online”, Sabtu 21 Oktober 2017, di gedung E Universitas Muhammadiyah setempat.

Pada kesempatan itu, di singgung pula mengenai seputar keterbukaan informasi publik. Juniardi yang juga mantan Ketua Komisi Informasi (KI) Lampung ini menjelaskan, memang sudah selayakanya di era saat ini, kalangan pejabat publik Pemerintahan mengedepankan keterbukaan informasi publik, sebagaimana amanah UU keterbukaan informasi No 14 tahun 2008.

Keterbukaan informasi itu, tidaklah sekedar memberikan informasi yang baru akan di keluarkan, saat di pertanyaakan oleh wartawan, LSM dan ormas serta dari kalangan praktisi lainnya.

“Keterbukaan informasi, secara tidak langsung, dapat di sajikan secara berkala bila berkaitan dengan penyerapan Anggaran, program-program kerja lain yang menyangkut kebijakan untuk kepentingan umum,”katanya usai acara seminar.

Juniardi menjelaskan, tidak hanya itu, saling komunikasi, memberikan informasi selayaknya diberikan sesuai tugas pokok fungsi, sudah salah satu upaya secara tidak langsung peduli akan keterbukaan.

Sekarang ini, kebanyakan yang terjadi di Dunia pemerintahan, keterbukaan informasi menjadi momok bagi kalangan pejabat tertentu, sehingga segala cara untuk tidak membuka informasi yang memang harus di buka dan bukan merupakan rahasia.

Tak jarang pejabat menghilang dari ruang kerja, alergi akan jurnalis. Kalaupun bertemu, bahkan sekarang sudah banyak setiap SKPD memberlakukan informasi keluar satu pintu.

“Pola ini adalah prilaku yang menunjukan sikap kurang paham akan keterbukaan informasi itu seperti apa, selaku pejabat publik itu bagaimana. Kita semua berhak untuk mendapatkan informasi, kita semua masyarakat khususnya berhak untuk tahu,”ungkapnya.

Menyinggung terpilihanya 19 pejabat terpilih sebagai figur publik tersebut, Juniardi mengungkapkan, patut di apresiasikan kepada 19 pejabat publik yang dipilih sebagai figur pejabat yang peduli akan keterbukaan informasi, sebaba keterbukaan informasi itu adalah pokok utama yang akan mendorong Pemerintahan yang baik dan Good Goverment.

“Bangga dan salut kepada 19 pejabat publik terpilih, berharap dalam hal ini, pejabat lain akan memulai terbuka sudut pandangnya, mengenai apa itu keterbukaan informasi sebenarnya, bukan di buat rumit dan banyak persyaratan untuk mendapatkan informasi,”pungkasnya.

Diketahui adapun figur publik terpilih tersebut adalah, Sekkot Metro A.Nasir, A.T, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, Kepala BAPPEDA Bangkit H.Utomo, Kepala BPPRD Arif Joko Arwoko, Kepala BKPSDM ABP.Herjuno, Inspektur Kota Metro Jihad Helmi,Kepala Dinas PUPR Irianto, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Dan Pemukiman Edwin Soni, Kepala Dinas Pendidikan Ria Andari, Kepala Diskominfo Farida, Asisten II Prayetno.

Figur terpilih selanjutnya adalah, Sekertaris Dewan DPRD Kota Metro Budiono, Sek. BKPSDM Azid S, Sekertaris BAPPEDA Jonizar Arifin, Sekertaris Inspektorat Kris Endarto, Kabag Umum dan Kepegawaian DPRD Kota Metro Ade Erwinsyah, Kabid Kominfo A.Kadri Shofari, Kasi Pembinaan Media Massa Diskominfo Yudha Yunianto, Camat Metro Pusat Trisia A. *

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Rio

Komentar via Facebook