Ini Lama Waktu Cuci Tangan Paling Menyehatkan

Nyokabar | Kamis, 12 Oktober 2017 | Dibaca: 81 | Kesehatan

Nyokabar.com, - The Royal Pharmaceutical Society (RPS) mengatakan waktu ideal mencuci tangan adalah sekitar 20 detik. Sekitar sepertiga dari kasus diare dan 16 persen infeksi saluran pernapasan bisa dicegah melalui cuci tangan dengan baik.

RPS menambahkan mencuci tangan selama 20 detik adalah satu-satunya cara untuk menyingkirkan beberapa virus dan bakteri penyebab pilek, infeksi, sakit perut, bahkan flu. Presiden RPS, Ash Soni mengatakan masyarakat tidak sering mencuci tangan dengan waktu yang lama untuk menyingkirkan bakteri penyebab penyakit.

"Bahkan ketika kita tidak terpengaruh virus. Jika kita tidak mencuci tangan, kita bisa menularkan infeksi kemudian menjadi masalah nyata yang lebih rentan, seperti anak-anak dan orang tua," ujar Soni, Rabu (11/10).

Kedengarannya mendasar, tetapi kebanyakan orang tidak mencuci tangannya selama 20 detik. Menurut jajak pendapat yang dilakukan terhadap 2 ribu orang lebih oleh RPS, 84 persen orang tidak mencuci tangan mereka dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sementara itu, sekitar 65 persen dan 32 persen orang tidak mencuci tangan sebelum makan atau bahkan saat menyiapkan makanan. Setengah dari mereka yang disurvei, tidak mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan dan makhluk lainnya, kemudian 21 persen lainnya tidak mencuci tangan sehabis dari toilet, dilansir dari The Guardian.

Komentar via Facebook