Ekonomi Lampung Diprediksi Lanjutkan Tren Kenaikan

Nyokabar | Jumat, 29 September 2017 | Dibaca: 121 | Ekonomi

Nyokabar.com, Bandar Lampung - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lampung memperkirakan perekonomian Lampung diakhir tahun 2017 masih akan tumbuh cukup baik. Secara sektoral, meningkatnya kinerja sektor pertanian dan konstruksi diperkirakan menjadi pendorong utama.

“Ini peluang baik untuk ekonomi Lampung kedepan,” kata Ketua Kadin Lampung, Muhammad Kadafi dalam Pembentukam Advokasi Daerah Antikorupsi sebagai Wadah Komunikasi antara Regulator dan Pelaku Usaha Provinsi Lampung di Hotel Sheraton, Kamis (28/9).

Sebagai perbandingan, pada triwulan IV 2016, ekonomi Lampung masih mampu tumbuh sedikit diatas 5 persen. Pertumbuhan ini didorong akselerasi investasi dan perbaikan ekspor.

Secara keseluruhan, tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Lampung naik 5,15 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebanyak 5,02 persen.

“Kondisi perekonomian makro di Lampung masuk dalam peringkat empat di Sumatera setelah Bengkulu, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Ini cukup baik di tengah kondisi perekonomian domestik dan lambannya pemulihan ekonomi global,” ungkapnya.

Sisi pengeluaran, sumber pertumbuhan ekonomi Lampung belum banyak berubah yaitu masih bertumpu konsumsi rumah tangga. Namun, perbedaannya adalah kinerja investasi di akhir tahun mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Kinerja ekspor pun mulai membaik meskipun masih tumbuh negatif.*

Komentar via Facebook