Mapolres Tubaba Tahun 2018 Siap Dibangun

Nyokabar | Rabu, 20 September 2017 | Dibaca: 144 | Tulang Bawang Barat

Nyokabar.com, Panaragan - Rencana pembangunan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kabupaten Tulangbawang Barat akan segera dimulai pada tahun 2018 mendatang, yang direncanakan pembangunan tersebut berlokasi di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Lokasi lahan Mapolres tersebut telah dihibahkan oleh Pemkab Tubaba seluas 5 hektare, Kombes Pol. Wawan selaku Kepala Bagian Sarana dan Prasarana mewakili Kapolda Lampung Irjend Pol. Suroso Hadi Siswoyo, menyatakan bahwa lokasi lahan tersebut sudah memadai untuk dibangun Mapolres di Kabupaten bermoto Ragem Sai Mangei Wawai.

“Selain tekstur tanahnya datar, titik koordinat lokasi inipun dekat dengan jalan raya,” Kata Kombes Pol. Wawan dilokasi lahan calon Mapolres yang didampingi Wakil Bupaten Tubaba Fauzi Hasan Selasa, 19/9/17.

Wawan mengatakan, untuk desain bangunan pihaknya satu komando dengan menampilkan warna khas Polri (coklat dan cream). Kendati demikian tambah Wawan, pihaknya juga tidak mengesampingkan masukan dan harapan Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP., yang menginginkan desain beton ekspose pada dindingnya. Sehingga bangunan tersebut terkesan unik.

“Keinginan Bupati Tubaba untuk memadukan beton ekspose pada bangunan Mapolres Tubaba ini akan kita koordinasikan dulu dengan pihak arsitek yg dipilih oleh pihak polri. Tidak menutup kemungkinan, hal ini bisa terealisasi dengan menggabungkan dua arsitek Pemda Tubaba dan arsitek dari pihak Polri,” ungkap Wawan.

Dilain pihak, Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan., menjelaskan, untuk pembangunan Mapolres masih menempuh jalan panjang. Sebab, masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi bersama, baik Pemda maupun pihak Polda ke pemerintah pusat, Kemenpan dan Mabes Polri, mulai dari perencanaan fisik dan sebagainya.

Untuk itu, lanjut Fauzi, terkait perencanaan fisik pihaknya akan melakukan koordinasi karena adanya prototipe-prototipe yang masih direncanakan. Sebelumnya kata Fauzi, pihak Polda pun sudah menyampaikan, “Kita boleh berkreasi dengan desain tertentu, tapi tetap dengan penataan ruang yang memenuhi tupoksi dari pada Kepolisian,” terang Wakil Bupati.

Terkait itu sambungnya, dengan hadirnya pihak perwakilan Polda, merupakan suatu dukungan penuh untuk didirikannya Mapolres di Kabupaten Tubaba.

“Dukungan dan peran aktif masyarakat juga tentunya sangat dibutuhkan, agar Polres Tulang Bawang Barat bisa secepatnya terbentuk dan pembangunannya dapat segera terealisasi,” tukasnya.*

Komentar via Facebook