UMKM Topang Ekonomi Daerah

Nyokabar | Jumat, 11 Agustus 2017 | Dibaca: 270 | Lampung Utara

Nyokabar.com, Kotabumi - Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan kegiatan ekonomi, terutama dalam mengatasi persoalan kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan daerah.

“Ditengah lesunya ekonomi dunia, pemberdayaan UMKM dapat menjadi alternatif untuk menggairahkan ekonomi nasional. Untuk itu, pemerintah agar tidak hanya fokus pada kebijakan dan program saja. Tapi, juga fokus terhadap perbaikan implementasi pemberdayaan UMKM di lapangan,” kata Anggota Komisi XI DPR Ahmad Junaidi Auly di acara Sosialisasi ‘Peran Bank Indonesia (BI) dalam Pemberdayaan UMKM’di Kabupaten Lampung Utara, Kamis (10/8).

Dirinya menuturkan, pemberdayaan UMKM harus melibatkan semua pihak seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Pemberdayaan terutama dilakukan pada aspek kualitas sumber daya yang dimiliki, akses pasar, dan permodalan.

Pihaknya mengapresiasi program BI terkait pemberdayaan UMKM melalui kluster-kluster yang mengelompokkan industri inti yang saling berhubungan, baik industri pendukung, jasa penunjang, infrastruktur ekonomi, pendidikan, teknologi, dan sumber daya alam.

“Tapi program ini jangan dilakukan secara parsial. BUMN dan BUMS agar lebih aktif juga dalam pemberdayaan UMKM, khususnya terkait pemerataannya,” tukasnya.*

Komentar via Facebook