Stok Gabah Lampung Mencapai 2 Juta Ton

Nyokabar | Kamis, 10 Agustus 2017 | Dibaca: 207 | Bandar Lampung

Stok Gabah Lampung Mencapai 2 Juta Ton

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, mengadakan pertemuan konsolidasi kelompok lumbung tahun 2017, yang diadakan di Balai Pelatihan UPTD Koperasi, Rabu (9/8).

Nyokabar.com, Bandar Lampung - Stok pangan berupa gabah yang ada dilumbung-lumbung padi di Lampung jumlahnya mencapai hingga 2 juta ton. Dengan jumlah tersebut pemerintah Provinsi Lampung, menjamin ketersediaan pangan pada tahun ini dipastikan aman, bahkan sangat melimpah atau surplus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Bahagiati, saat menghadiri acara pertemuan konsolidasi kelompok lumbung 2017 yang berlangsung di Kantor UPTD Balai Pelatihan Koperasi dan UMKM, Rabu (9/8).
 
Dalam gelaran pertemuan yang diikuti oleh perwakilan dari kelompok tani se Provinsi Lampung itu, dia mengatakan stok gabah dipersiapkan oleh Pemprov Lampung untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu sawah para petani mengalami kekeringan yang mengakibatkan gagal panen, atau jika terjadi suatu bencana alam.
 
“Dengan adanya stok padi dilumbung petani, maka disaat masyarakat membutuhan jumlah beras yang cukup banyak, Provinsi Lampung tidak hanya bergantung pada stok beras di gudang Bulog” ujarnya.
Saat ini lumbung padi di Lampung jumlahnya ada sebanyak 1.300 lumbung, dan pada tahun ini 442 diantaranya telah menerima bantuan dari pemerintah pusat yang masing-masing kelompok mendapatkan Rp20 juta.
 
Dana bantuan itu nantinya dimanfaatkan oleh para kelompok tani dalam meningkatkan hasil panen, bisa digunakan untuk membeli sarana pengeringan gabah, motor roda tiga, atau kebutuhan peralatan lainnya guna menunjang peningkatan jumlah stok gabah di lumbung yang diharapkan jumlahnya bisa mencapai 5 ton disetiap lumbung*

Komentar via Facebook