Kegiatan Sejuta Kentongan yang digagas Bupati Lamteng DR. Ir. Mustafa Sudah Mulai di Persiapakan

Nyokabar | Kamis, 10 Agustus 2017 | Dibaca: 236 | Lampung Tengah

Kegiatan Sejuta Kentongan yang digagas Bupati Lamteng DR. Ir. Mustafa Sudah Mulai di Persiapakan

Sejuta Kentongan

Nyokabar Lampung Tengah.  Peringatan Hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI menjadi momen berharga bagi bangsa Indonesia. Masyarakat dari seluruh tanah air merayakan dengan upacara dan berbagai pesta rakyat.

Tahun lalu Kabupaten Lampung Tengah berhasil mencetak sejarah dengan menggelar aksi sejuta bendera dan masuk dalam rekor MURI. Tahun ini kabupaten jejamo wawai ini kembali mencetak sejarah dengan mengadakan   sejuta kentongan merah putih.

Aksi ini akan digelar serentak di Lampung Tengah dan diprediksi meraih penghargaan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Hal ini dibenarkan Sekretaris Kabupaten Lamteng Adi Erlansyah.

"Kegiatan sejuta kentongan yang digagas Bupati Lamteng DR. Ir. Mustafa sudah mulai kita persiapkan. Kita gerakan melalui sekolah dan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan gerakan sejuta kentongan," kata Adi, Rabu 9 Agustus 2017.

Menurutnya kentongan identik dengan  program Bupati Mustafa yakni ronda malam. Seperti diketahui, ronda malam sudah berjalan dengan baik di Lamteng. Hasilnya, dinilai sangat efektif karena mampu menekan angka kriminalitas di malam hari. Bahkan, Bupati Mustafa rutin melakukan ronda malam dengan mengunjungi kampung-kampung di Lamteng.

Melalui aksi sejuta kentongan dan bendera merah putih, sambung Adi, diharapkan mampu menumbuhkan semangat nasionalisme. Disamping itu, dapat mempertahankan kegiatan ronda malam yang berkelanjutan.

"Untuk peserta pada aksi sejuta kentongan dan bendera merah putih akan melibatkan siswa SMP dan masyarakat umum yang ada di kecamatan. Kita sudah sosialisasikan ke sekolah melalui Dinas Pendidikan dan untuk masyarakat umum melalui camat," terang Adi.

Kegiatan utama aksi sejuta kentongan dan bendera merah putih dipusatkan di Lapangan Merdeka Gunungsugih. Kemudian untuk pelaksanaan di tingkat kecamatan dapat terpantau melalui telekonferensi.

"Kalau tahun lalu, ada aksi sejuta bendera merah putih. Khusus tahun ini kita adakan sejuta kentongan dan di bagian atas kentongan diberi bendera merah putih. Kita akan undang pihak MURI untuk memantau dan melihat langsung," katanya.

Dijelaskan Adi, tujuan aksi sejuta kentongan dan bendera merah putih itu untuk menggelorakan semangat nasionalisme pelajar dan masyarakat umum. Kegiatan akan berlangsung setelah upacara bendera 17 Agustus.(*)

Komentar via Facebook