Bupati Mustafa Sambut 408 Mahasiswa PKPM dari IBI Darmajaya

Nyokabar | Senin, 31 Juli 2017 | Dibaca: 285 | Pendidikan

Nyokabar Lampung Tengah. Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa menyambut kedatangan 408 mahasiswa IBI Darmajaya yang akan melaksanakan Praktik Kerja dan Pengabdian Masyarakat (PKPM) di wilayah Lampung Tengah, Selasa, 31 Juli 2017.

Kehadiran mahasiswa dari kampus biru ini rencananya akan membantu pemerdayaan masyarakat Lampung Tengah khususnya di bidang ekonomi bisnis dan teknologi. Hal ini sesuai dengan kosentrasi jurusan mahasiswa dalam melaksanakan PKPM.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Mustafa menerangkan bahwa Lampung Tengah sedikit berbeda dengan kabupaten/kota lainnya di Lampung. Sebagai kabupaten terluas, Lampung Tengah memiliki keberagaman adat istiadat dan budaya.

"Lampung Tengah adalah miniaturnya Indonesia. Beragam budaya, adat istiadat dan kesenian ada disini. Ini adalah potensi yang harus kita kembangkan. Dengan sentuhan para mahasiswa diharapkan bisa memaksimalkan potensi tersebut," ungkapnya.

Selain di bidang ekonomi dan teknologi, Mustafa juga minta mahasiswa bisa terjun langsung ke masyarakat guna mendukung program pemerintah, seperti ronda, Lampung Tengah terang, program kampung entrepreneur creative (KECE) dan pembangunan fisik dari alokasi dana desa.

"Saya minta mahasiswa bersama-sama masyarakat berkolaborasi melakukan perubahan. Bantu awasi ronda, monitoring pembangunan-pembangunan di desa, latih masyarakat mengembangkan potensinya. Jika semua bergerak Insya Allah Lampung Tengah lebih cepat maju," tandasnya.

Mustafa juga menjanjikan reward kepada 10 mahasiswa terbaik yang mampu membuat gebrakan atau pemberdayaan selama pelaksanaan PKPM. "Ada 10 beasiswa untuk 10 mahasiswa terbaik. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya selama menjalani PKPM. Karena disinilah mahasiswa belajar kehidupan yang sesungguhnya," pungkas Mustafa.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi IBI Darmajaya Dr. Anwar sanusi, S.E., M.Si., menerangkan PKPM merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan Darmajaya dibidang pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengabdikan diri, belajar bersosialisasi dengan masyarakat, dan mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan desa.

“Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa PKPM Darmajaya bisa bermanfaat bagi masyarakat, bersumbangsih memperkuat perekonomian desa, mewujudkan desa IT di Lampung, dan memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa,” harapnya.(*)

Komentar via Facebook