Canangkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks, BPJS Kesehatan Metro Gandeng Pemkab Lamteng, IBI, dan YKI

Nyokabar | Kamis, 27 Juli 2017 | Dibaca: 205 | Kesehatan

Nyokabar.com Lampung Tengah, - Bertepatan dengan HUT Kabupaten Lampung Tengah ke-71,HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-66 dan HUT BPJS Kesehatan ke-49, BPJS Kesehatan Cabang Metro bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, IBI Cabang Lampung tengah dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Lampung selenggarakan kegiatan pemeriksaan IVAserentak di Wilayah Kabupaten Lampung Tengah yang terpusat di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak.

Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui pemeriksaan IVA/ Pap Smearini adalah salah satu bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS untuk menekan jumlah penderita kanker serviks. Melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan,fasilitas Kesehatan dan organisasi profesi kesehatan, BPJS Kesehatan siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

“Layanan pemeriksaan IVA/ Pap Smearini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Wahyu Santoso, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metrosaat memberi sambutan pada kegiatan tersebut (27/07/2017).

Berdasarkan data peserta BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar, sementara di tingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 miliar.Pada tahun yang sama, terdapat 137.465 peserta JKN-KIS yang telah menjalani pemeriksaan IVA dan 206.497 peserta JKN-KIS yang menjalani pemeriksaan PapSmear.

“Sebagai penyelenggara program JKN-KIS yang lebih dari tiga tahun beroperasi, BPJS Kesehatan siap mengawal dan menyukseskan misi dalam meminimalisir angka penderita kanker serviks di Indonesia. Program pemeriksaan IVA/Pap Smear tersebut merupakan salah satu dukungan BPJS Kesehatan terhadap Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017. Dengan melakukan upaya pencegahan sekunder dan deteksi dini melalui program promotif preventif diharapkan dapat menurunkan biaya pelayanan kesehatan serta meningkatkan derajat kesehatan penduduk Indonesia,” kata Wahyu.

Selain di Kabupaten Lampung Tengah, BPJS Kesehatan Cabang Metro juga menyelenggarakan pemeriksaan Pap Smeardi Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di RSIA Mawar bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, RSIA Mawar, dan Laboratorium Prodia. Untuk diketahui bersama, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan IVA/papsmear tidak hanya dapat dilakukan pada hari ini saja, tetapi jugadapat dilakukan kapan saja di Fasilitas Kesehatandan jejaringnya.

Berdasarkan data periode Juli 2017, terdapat 178.771.035 jiwa penduduk Indonesia yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Selain itu, terdapat total 20.861 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, yang terdiri atas 9.829 Puskesmas, 4.516 Dokter Praktik Perorangan, 1.151 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 5.351 Klinik Pratama, dan 14 RS D Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan 5.443 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 2.175 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya 181 Klinik Utama), 2.270 Apotek, serta 998 Optik.*

Komentar via Facebook