Warga Laporkan Kadus, LSM PERKARA Terus Awasi Pengelolaan Dana Desa

Nyokabar | Selasa, 18 Juli 2017 | Dibaca: 352 | Lampung Timur

Warga Laporkan Kadus, LSM PERKARA Terus Awasi Pengelolaan Dana Desa

Warga Laporkan Kadus, LSM PERKARA Terus Awasi Pengelolaan Dana Desa

Nyokabar Lampung Timur. Warga Desa Negara Ratu Kecamatan Batang Hari Nuban Lampung Timur, mengeluh atas tindakan Kepala Dusun (Kadus) Agus Ismail, yang dianggap semena mena memanfaatkan jabatanya selaku Kadus dengan meminjam dana dari salah satu Gapoktan sebesar Rp. 25 juta rupiah, yang tak kunjung dikembalikan.

Karena merasa tidak puas, warga kemudian melaporkan tindakan Agus Ismail kepada salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Provinsi Lampung, DPD LSM PERKARA.

Dalam laporanya, warga menyampaikan adanya dugaan penipuan yang dilakukan oleh Kadus Desa Negara Ratu Agus Ismail, yang hingga saat ini belum mengembalikan dana Gapoktan yang dipakai dari tahun 2016 lalu.

" Dana itu dipinjam dari tahun 2016, tapi sampai saat ini tidak jelas belum ada pengembalian kepada Gapoktan. Selain itu tidak ada keterbukaan dari Kadus kepada Gapoktan, maupun ketua kelompoknya kapan dana itu akan dikembalikan " Jelas salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, Selasa 18 Juli 2017.

Menanggapi adanya Laporan warga masyarakat tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Pemerhati Kinerja Aparatur Negara (DPD LSM PERKARA) Hendrik, SH secara tegas akan menindak lanjuti laporan tersebut, berdasarkan bukti - bukti yang diterima dari warga masyarakat.

" Atas laporan warga masyarakat yang disertai bukti - bukti dan kwitansi yang diserahkan ke kita ini akan kita pelajari terlebih dahulu, tidak menutup kemungkinan ini akan kita teruskan kepada pihak penegak hukum jika memang dari semua bukti dianggap cukup dan dapat dilanjutkan prosesnya " Kata Hendrik.

Hendrik juga mengatakan, melalui Lembaga yang diketuainya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap kinerja seluruh Kepala Desa (Kades) di Lampung Timur, dalam melakukan pengelolaan dana desa. Dirinya berharap, kepada seluruh Kades beserta perangkat desa yang ada dapat benar - benar mengemban tugasnya, juga transparan dalam hal pengelolaan dana desa untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan desa.

Laporan Wartawan Nyokabar.com : Rio

Komentar via Facebook