Rute KECE, Pemkab Lampung Tengah Buka 4 Jalur Alternatif Pengurai Kemacetan

Nyokabar | Sabtu, 17 Juni 2017 | Dibaca: 26 | Lampung Tengah

Rute KECE, Pemkab Lampung Tengah Buka 4 Jalur Alternatif Pengurai Kemacetan

Rute KECE

Nyokabar Lampung Tengah. Upaya mencegah kemacetan di Bandarjaya menjelang lebaran, dilakukan Pemkab Lampung Tengah dengan membuat terobosan Rute KECE. Sebuah aplikasi berbasis android yang menunjukan rute-rute alternatif di Bandarjaya.

Ada empat rute alternative yang diharapkan bisa mengurai kemacetan di area Bandarjaya. Rute 1  arah Gunungsugih yakni dari Simpang SPBU Seputihjaya - Jln. Ponpes Darussalam - Simpang 4 Mojo Agung - Jl. Baru Celikah - Simpang 4 Lapangan Adi Jaya - Jl. Kampung Buki Ayu - Jl. Kampung Poncowati.

Jalur alternatif 2 dari Gunungsugih yakni Jl. Agus Salim - Jl. Manggis - Jl. Pingled (Depan BRI). Jalur alternatif 3 dari Tebanggibesar dimulai dari Jl. Dua Ds. 4 Yukum Jaya - Jl. Merapi - Jl. Sudirman - Jl. Tendean- Jl. Ahmad Dahlan- Belakang RM. Andalas- Depan RM. Siang Malam.

Jalur alternatif 4 dari arah Terbanggibesar dimulai dari Jl. Dua Ds.4 - Jl. Tendean - Jl. Ahmad Dahlan/Samping Hotel Bunda. Kini untuk mengetahui jalur-jalur alternatif ini dapat diakses dalam genggaman tangan di HP Android.

Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa menuturkan kemacetan di Bandarjaya menjadi PR Lampung Tengah dari tahun ke tahun. Karenanya dibutuhkan inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Dengan menyiapkan jalur KECE ini, mudah-mudahan bisa menjadi solusi kemacetan di Bandarjaya. Jalur ini dibuka H-7 dan H+7 mudik lebaran. Terkait keamanan, pengendara juga jangan khawatir. Keamanan akan ditingkatkan dijalur-jalur KECE," katanya dalam Rakor Rute KECE di Aula Kopiah Emas, Jumat, 16 Juni 2017.

Kepada pihak-pihak terkait seperti Dishub, Satpol PP, Jasa Raharja, Dinas PU, Dinas Kesehatan, dan pihak kepolisian agar dapat siap siaga mengatasi kemacetan Bandarjaya, sehingga mudik berlangsung lancar, aman dan nyaman.

"Kita buat nyaman orang-orang yang melintas Lampung Tengah. Ketika mereka singgah, kita beri pelayanan sebaik-baiknya. Semua harus siaga, fasilitas-fasilitas umum seperti rest area, posko mudik, masjid dan lainnya harus siap," tegas Mustafa.

Sementara itu Kadishub Lampung Tengah, Syukur Kersana menjelaskan berbagai persiapan telah dilakukan menghadapi mudik lebaran tahun ini. Mulai dari perbaikan dan pembenahan rambu-rambu lalu lintas, perbaikan jalan, uji kelaikan kendaraan, dan pemasangan 120 banner himbauan bagi pengendara.

Sementara untuk aplikasi Rute KECE, lanjut Syukur, bisa di download di playstore bagi para pengguna android atau di official website ruangmustafa.com. Secara otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan beberapa pilihan jalur-jalur alternatif yang telah disiapkan.

"Mulai bisa di download hari ini, Sabtu 17 Juni 2017. Selanjutnya user tinggal mengklik jalur yang dipilih dan akan langsung tampil peta digital yang menunjukan rute KECE di Lampung Tengah. Pengendara bisa melewatinya tanpa harus takut tersesat," jelasnya. (*)

Komentar via Facebook