Penggunaan JTTS Batal, Ini antisipasi Polres Lamsel Atasi Kemacetan

Nyokabar | Rabu, 07 Juni 2017 | Dibaca: 341 | Lampung Selatan

Nyokabar Kalianda, - Batalnya penggunaan beberapa titik ruas jalan tol trans Sumatera (JTTS) di kawasan Lamsel membuat Satlantas Polres Lamsel menyiapkan berbagai langkah antisipasi kemacetan di beberapa titik.

Salah satunya adalah pintu masuk pelabuhan Bakauheni. Titik ini dinilai menjadi titik krusial terjadinya kemacetan dan antrean panjang saat pelayanan mudik Lebaran nanti.

Pasalnya di titik ini terjadi penyempitan jalur masuk dari jalan lintas Sumatera menuju tollgate pelabuhan. Di samping itu areal antre pembelian tiket bagi kendaraan pun berkurang dengan adanya pembangunan flyover JTTS yang terhubung dengan pintu masuk pelabuhan.

Kasatlantas Polres Lampung Selatan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rafli Yusuf Nugraha mengatakan pihaknya telah membuat beberapa skenario untuk pelayanan mudik Lebaran tahun ini. Khususnya untuk di jalur pintu masuk pelabuhan Bakauheni.

Pemantauan kondisi, kata dia, akan dibagi dalam tiga kategori. Situasi hijau (normal), situasi kuning (mulai terjadi antrean panjang) dan situasi merah (terjadi antrian panjang parah). Menurut dirinya ada beberapa opsi rekayasa lalulintas jika terjadi kondisi krodit (merah).

“Kita akan melakukan langkah diskresi untuk mengambil kebijakan penanganan. Satu di antaranya membuka jalur JTTS untuk exit siang dari dermaga 5 pelabuhan Bakauheni. Ini untuk mengurai kondisi antrean di jalur pelabuhan,” ujarnya rabu (7/6).*

Komentar via Facebook