Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Tulang Bawang Serukan Nasionalisme dan Jaga Situasi Kondusif

Nyokabar | Sabtu, 03 Juni 2017 | Dibaca: 29 | Tulang Bawang

Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Tulang Bawang Serukan Nasionalisme dan Jaga Situasi Kondusif

Pemkab Tulang Bawang Serukan Nasionalisme dan Jaga Situasi Kondusif

Nyokabar Tulang Bawang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Jumat 2 Juni 2017, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Tulang Bawang Jalan Cemara Gunung Sakti, Menggala.

 

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A rozak.,MS selaku Inspektur Upacara itu, diikuti oleh para pejabat dan aparatur di lingkup Pemkab Tulang Bawang.

 

Dalam amanatnya, Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak mengucapkan terima kasih kepada segenap aparatur Pemkab, karena meskipun dalam suasana bulan suci ramadhan 1438 H, masih semangat dalam mengikuti upacara ini.

 

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Momentum ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi kita untuk selalu mengingat, memahami, dan mengamalkan Pancasila, sebagai dasar ideologi bangsa kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucapnya.

 

Menurut Bupati, dalam perjalanan bangsa Indonesia, Pancasila amat penting. Pancasila dahulu dirumuskan, sebagai landasan kemerdekaan. Sedangkan di era sekarang dan mendatang, Pancasila tetap diharapkan tak akan lekang, sebagai ideologi yang mampu menyatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan.

 

“Sebagaimana semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, meskipun berbeda-beda, tetapi kita tetap satu jua. Kita semua, punya peran, tanggung jawab, dan kewajiban yang sama sesuai tugas dan fungsi masing-masing, untuk bahu membahu dalam membangun dan memajukan bangsa,” ujar Bupati.

 

Kelima Sila Pancasila, dilanjutkannya, adalah landasan fundamental yang perlu selalu dipahami dan diamalkan sebagai sebuah harmoni yang indah untuk mewujudkan cita-cita kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

 

Sehingga pada kesempatan itu, Bupati pun mengajak semua pihak, agar dapat lebih bijak dalam menyikapi isue-isue yang berkembang belakangan ini, serta tidak mudah terprovokasi terhadap hal-hal yang berdampak negatif pada persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semangat dan nilai-nilai Pancasila, perlu selalu kita depankan untuk menyejukkan kebhinekaan dari ancaman perpecahan, serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” tegas Bupati.

 

“Saya Indonesia, Saya Pancasila, atas nama Pemkab Tulang Bawang, saya ingin mengajak kepada seluruh aparatur dan masyarakat untuk menjaga semangat nasionalisme, serta selalu ikut berperan dalam pembangunan bangsa, yang ber-Pancasila dan ber-Bhineka Tunggal Ika. Mari kita dukung dan sukseskan juga, Pekan Pancasila mulai tanggal 29 Mei s.d 4 Juni 2017. Dengan semangat Pancasila, mari kita tingkatkan kebersamaan, dan jaga situasi kondusif. Tunjukkan bahwa kita adalah masyarakat dan bangsa yang bermartabat,” ajak Bupati.

 

Di sisi lain, momentum Bulan Suci Ramadhan saat ini juga adalah sebuah sebagai sarana positif untuk menunjukkan potret masyarakat yang religius, yang tetap dapat menjunjung tinggi kerukunan, saling menghargai dan menghormati antar masyarakat yang berbeda agama, beda suku, beda ras dan beda golongan, dalam bingkai Pancasila dan NKRI, tandas Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak. (*)

Komentar via Facebook