30 Negara Mulai Puasa Hari Ini

Nyokabar | Sabtu, 27 Mei 2017 | Dibaca: 268 | Mancanegara

Nyokabar.com, - Indonesia adalah salah satu negara yang mulai berpuasa pada Sabtu (27/5). Selain Indonesia, 29 negara lainnya juga berbagi momen yang sama, termasuk Arab Saudi. Sementara Pakistan, Bangladesh, India dan Irak akan mulai puasa pada Ahad.

Dilansir Aljazirah, Pengadilan Tinggi Yudisial Arab Saudi telah mengonfirmasi penampakan hilal. Sehingga hari pertama Ramadhan 1438 jatuh pada 27 Mei. Selain Saudi, Iran melalui kantor berita IRNA pada Jumat (26/5), juga mengonfirmasi puasa pertama pada Sabtu.

Turki dan komunitas Muslim Amerika dan Eropa sebelumnya mengumumkan puasa pertama pada 27 Mei berdasarkan perhitungan astronomi. Ucapan-ucapan menyambut Ramadhan, seperti Ramadan Mubarak dan Ramadhan Kareem bertebaran dimana-mana.

Sebuah gereja di Australia, Gosford Anglican Church juga memasang pengumuman selamat menyambut Ramadhan di depan gedungnya. "Kami mendoakan dan ikut berbahagia untuk komunitas Muslim karena Ramadhan ini. #RamadhanMubarak," katanya dalam akun Twitter pribadi.

Bulan Ramadhan akan berlangsung selama 29 atau 30 hari tergantung penampakan bulan pada hari ke-29. Tahun ini, Arab Saudi telah mengumumkan libur Ramadhan sejak hari ke-25 hingga tujuh Syawal.

Menurut perhitungan astronomi, Turki dan komunitas Muslim Amerika dan Eropa akan menginjak satu Syawal pada Ahad (25/6).Sementara sejumlah negara lainnya akan menunggu penetapan menurut penampakan bulan.*

Komentar via Facebook