Penyelundupan 60 Ribu Bibit Lobster Senilai Rp 9 M Digagalkan

Nyokabar | Jumat, 26 Mei 2017 | Dibaca: 388 | Hukum

Nyokabar Kalianda, - Jajaran KSKP Bakauheni bersama Balai Karantina Ikan (BKI) Kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni mengamankan ribuan bibit lobster laut, yang hendak dikirim ke Jambi.

Paket bibit lobster tersebut diamankan dari mini bus elf, di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni pada Kamis (25/5/2017) sekitar pukul 05.00 Wib.

“Saat dilakukan pemeriksaan, sopir mobil mengaku barang-barang tersebut berisi pakaian. Tapi setelah dibuka, berisi bibit lobtser dengan jumlah mencapai 60 ribu ekor,” ujar Kepala BKI Bandar Lampung, Suardi, Jumat (26/5/2017).

Ia mengatakan, bibit lobster tersebut sebanyak 13 koli, dengan nilai mencapai Rp 9 miliar.

Pengiriman bibit lobster laut tersebut tidak dilengkapi dokumen apapun. Kuat dugaan, bibit lobster asal Jakarta tersebut akan diselundupkan ke luar negeri.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah melarang penangkapan bibit lobster laut, melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016.

Bibit lobster laut tersebut kemudian dilepasliarkan di wilayah pesisir pantai Rajabasa, Lampung Selatan (Lamsel) guna menghindari banyaknya bibit yang mati.

“Kami juga masih menelusuri dari mana asalnya bibit lobster ini. Pasalnya untuk Jakarta sudah sangat jarang. Kemungkinan dari Indonesia timur. Tapi, kami masih akan telusuri,” tandas Suardi.*

Komentar via Facebook