Gubernur Ridho Budayakan Germas Lewat Pengajian di Waway Karya

Nyokabar | Kamis, 27 April 2017 | Dibaca: 420 | Lampung Timur

Nyokabar Lampung Timur - Konsep Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kali ini sangat istimewa, karena berbarengan dengan peringatan Isra Mi’raj, demikian disampaikan Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten III Ir. Amartoni Ahadis, M.M, saat membuka Germas dan peringatan Isra Mi’raj, di Lapangan Desa Tritunggal, Kec. Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (26/04/2017).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Ny. Agustina Toha, ibunda dari Gubernur M.Ridho Ficardo, Ridho juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, dinas terkait, serta masyarakat yang telah berperan aktif dalam menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Lampung Timur, khususnya Kecamatan Waway Karya.

Tidak lupa Ridho juga mengajak seluruh masyarakat, dengan menjadikan peringatan Isra Mi’raj sebagai momentum yang tepat untuk refleksi diri dan lebih dekat kepada Allah SWT.

Lebih lanjut, dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten III Ir.Amartoni Ahadis, Ridho menyatakan bahwa Germas Kali ini adalah Germas Syariah

“Ada yang istimewa dalam konsep germas kali ini, karena dibarengi dengan pengajian dan Tausiyah dalam rangka peringatan Isra Mi’raj. Jadi tidak hanya sehat jasmani, tapi juga rohani. ini namanya Germas Syariah” papar Ridho.

Sementara itu, Bupati Lampung Timur Hj.Chusnunia Chalim,M.Si. yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Dr.Ir.Arisuwandi M.M, menyampaikan bahwa, pelaksanaan hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri dan kelompok terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga.

Chusnunia mengapresiasi dan siap mendukung serta melaksanakan program-program Provinsi Lampung khususnya yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Reihana,M.Kes, sebagai ketua Pelaksana melaporkan, dalam kegiatan Germas kali ini tidak hanya diisi dengan makan buah bersama, tapi juga ada Khitanan Massal dan pemberian bantuan 20 bowl bagi peningkatan program sanitasi total berbasis masyarakat dari Panitia Hari Besar Islam (PHBI)

Selain itu, ada beberapa program bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berupa :

  1. Program perbaikan gizi masyarakat, berupa MP ASI bagi bayi dan balita BGM, serta PMT bagi Bumil KEK sebesar Rp.519.760.000
  2. Program obat dan pembekalan kesehatan sebesar Rp.352.381.785
  3. Program pemberantasan penyakit berupa paket Buffer stock insektisida, Alkes, dan Logistic P2 sebesar Rp.75.000.000
  4. Program sanitasi total berbasis masyarakat berupa 15 paket fiberglass ferornce plastik  (FRP) plastik sebesar Rp.270.000.000.
  5. Program pelayanan kesehatan perorangan berupa pelayanan RS keliling senilai Rp.85.486.000.
  6. Program promosi dan pemberdayaan masyarakat Rp.962.200.000
  7. Program kesehatan kerja olahraga berupa pengukuran kebugaran jasmani bagi 200 calon jamaah haji dan pembina pos UKK sebesar Rp.56.828.000
  8. Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan tahun anggaran 2017 sebesar Rp.60.880.825.000
  9. Program pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular berupa penggerakan masyarakat sehat peduli kanker dan media informasi PTM sebesar Rp.15.559.000.*

Komentar via Facebook